Gengsi tidak berujung


Memang ada perasaan gengsi dengan status sebagai mahasiswa doktor, tetapi sejak awal saya paham bahwa saya tidak akan (mampu) menggunakan gengsi dan gelar doktor nantinya untuk mencari pekerjaan atau penghasilan. Saya terlanjur menyukai pekerjaan tanpa ikatan dalam jangka waktu yang panjang, saya senang dapat mengendalikan ritme kerja, saya senang merasa kekurangan dari segi inovasi dan penghasilan.

Saya senang dengan kekuasaan untuk dapat memilih dan kekuasaan untuk tidak sewenang-wenang atas orang lain. Saya menyadari bahwa hal itu pilihan, tergantung pada cara saya melihat kepemimpinan dan jenjang pendidikan. Semakin tinggi pendidikan, semakin bijak bahwa ilmu yang saya kuasai sangat terbatas. Di masyarakat mungkin pemahaman sebaliknya yang dimaklumi. Biasanya semakin tinggi pendidikan, seseorang dianggap lebih pintar dan lebih tahu segala. Meskipun doktor bidang penyuluhan, harus tahu tentang isu energi berkelanjutan. Waaa, enggak segitunya juga. Miminal seseorang memiliki alat analisis dalam melihat berbagai isu sosial dan bagaimana ilmunya memandang isu sosial tersebut. Tapi tidak pernah ada kata purna dalam keilmuan.

Saya ingat sekali pertama kali pindah bekerja di Medan, Sumatera Utara. Saya menginap di kantor PESADA di Jamin Ginting dan menemukan ruang baca kecil. Saya menemukan buku tentang entrepreneurship sosial dan langsung “mencaploknya”. Perlahan bacaan itu mengubah banyak hal tentang cara saya melihat isu kesehatan, ekonomi, inovasi, dan berbagai hal lain.

Tersadarkan terus-menerus adalah gengsi tidak berujung dari proses belajar. Bukan berarti tergopoh dan terpaksa mengikuti hal yang baru tetapi mampu mengemas ulang dan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Tidak ada ketergesaan atau kedaruratan untuk menyesuaikan diri. Ini yang menjadi keistimewaan karena tidak semua orang ternyata mampu melakukan dan menghadapi perubahan dengan elegan.

Bogor, 18 November 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s