Pengalaman bayar pajak tahunan sepeda atas nama orang lain


Pagi ini saya ke Jakarta untuk membayar pajak tahunan sepeda motor. Tahun lalu saya membeli motor dengan plat nomor B di Jakarta yang langsung dibalik nama ke nama teman suami yang memiliki KTP DKI Jakarta. Alhasil saya juga perlu meminjam KTP asli teman suami untuk membayar pajak tahunan. Selain itu, saya juga siapkan persyaratan lain seperti BPKP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, surat kuasa dari pemilik KTP, dan KTP asli saya sendiri. Tadinya saya bingung mau mengurus di Depok atau Jakarta karena saya dengar beberapa Samsat sudah terhubung daring. Saya juga bingung apakah bisa bayar pajak di Samsat keliling atau harus ke Samsat Kebon Nanas. Ya sudah, dicoba saja ke Samsat di Jakarta.

Jam 6:40 saya berangkat dari Ciomas menuju Jakarta. Kepadatan di Commuter Line membuat saya tidak bisa turun di  Stasiun Tanjung Barat dan terbawa sampai Pasar Minggu. Tidak terlalu masalah. Awalnya saya berniat ke Samsat di Tamini Square. Namun konter buka jam 9 pagi. Sekitar jam 8 pagi saya sudah sampai di Pasar Minggu, akhirnya saya putuskan ke Samsat keliling di halaman parkir Pasar Induk Kramat Jati. Selain lebih dekat dari Pasar Minggu, loket sudah buka jam 8 pagi.

Jam 8:20 saya sampai di lokasi dan melihat hanya sedikit antrian. Saya sudah memfotokopi seluruh dokumen. Ternyata kita tidak perlu repot memfotokopi sebelumnya karena bisa fotokopi di bagian depan mobil Samsat keliling bahkan setelah itu langsung diproses tanpa mengantri. Pelajaran untuk hari ini. Di loket fotokopi itu, saya minta formulir untuk diisi.

Setelah formulir diisi maka masuk dalam antrian. Jika belum fotokopi dokumen, isi dulu formulir lalu berikan persyaratan (dokumen asli) untuk difotokopi maka langsung diproses. Setelah memberikan seluruh dokumen yang diperlukan ke loket pertama, menunggu nama dipanggil untuk diberikan lembaran tagihan. Kemudian beralih ke loket selanjutnya untuk melakukan pembayaran. Menunggu beberapa menit untuk dipanggil dan diberikan lembar STNK tahunan yang baru. Proses dari awal sampai selesai sekitar 20 menit. Menurut saya sangat efisien.

Untuk surat kuasa, dapat diunduh di internet. Cari yang paling ringkas dan jelas. Jangan lupa bubuhkan materai Rp 6.000. Semoga membantu.

Bogor, 20 Juli 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s