Pengetahuan-Saya

Andai saja


Maria, Februari, Maret, April sudah berlalu tanpamu. Aku masih berandai-andai kalau kamu masih di bumi fana. Ada banyak hal yang perlu kamu komentari. Ada banyak peristiwa menggemaskan selama 3 bulan terakhir. Tanpamu pun aku dapat menebak apa yang akan kamu katakan. Tapi aku perlu mendengarnya darimu, dengan gayamu. 

Aku perlu ruang aman. Bukan karena aku sedih atau marah. Aku hanya ingin bicara. Biasanya kamu akan mensintesiskannya. Lalu aku akan diam termenung. Lalu aku akan berada 2 sampai 3 jam di bus dalam perjalanan kembali ke Malang. Waktu itu yang aku gunakan untuk mengendapkan pembicaraan kita.

Tanpamu, aku tidak punya tujuan di Surabaya. Denganmu, Surabaya-Malang menjadi perjalanan menyenangkan. Selalu ada yang aku bawa sebagai buah tangan dan buah pikiran.

Kadang aku merasa ragu menjadi aktivis hak perempuan. Harus sekeras apa aku? Harus setangguh apa aku? Eh, rupanya aku sendiri yang memutuskan dan itu bagian dari perjuanganku sebagai perempuan. Karena pelabelan tidak hanya dari laki-laki tapi juga dari sesama perempuan.

Bertemu denganmu serasa ikut terapi. 6 jam perjalanan pun aku lalui untuk itu. Perjalananmu bersamaku belum berakhir karena pemikiranmu terus bergerak di alam fana.

29 Mei 2017

Leave a Reply

