Pengalaman-Saya

Foto Keluarga


Aku pernah mendengar seseorang berkata bahwa seseorang yang mengirimkan foto keluarganya di media sosial menunjukkan keluarganya sedang ada masalah. Dia memberi contoh seorang kawannya. Aku masih skeptis. Ternyata minggu lalu hal itu terjadi juga pada kawanku. Terakhir dia sering mengunggah fotonya dan keluarga diiringi dengan kalimat rasa syukur atas karunia suami dan anak yang sehat serta perkawinan yang harmonis. Belakangan aku baru tahu bahwa beberapa bulan lalu perkawinannya sedang ada masalah. Ow.

Rupanya foto keluarga di media sosial menyampaikan pesan yang seringkali berbeda dari kenyataan. Atau bisa jadi foto keluarga sebagai upaya mengatakan pada orang-orang tertentu bahwa, “Kami baik-baik saja”, atau “Jangan ganggu suamiku lagi”, atau “Dia gak akan ninggalin aku”, atau “Aku tidak akan meninggalkan keluargaku”.

Aku tidak ingin menggeneralisir. Tentu ada beberapa pasangan yang memang senang berbagi foto bersama. Tapi jika ada teman kita yang tau-tau suka mengunggah foto keluarga, mungkin itu yang perlu dikawal.

Bogor, 10 Februari 2017

Leave a Reply

