Pengalaman-Saya

Foto Keluarga


Aku pernah mendengar seseorang berkata bahwa seseorang yang mengirimkan foto keluarganya di media sosial menunjukkan keluarganya sedang ada masalah. Dia memberi contoh seorang kawannya. Aku masih skeptis. Ternyata minggu lalu hal itu terjadi juga pada kawanku. Terakhir dia sering mengunggah fotonya dan keluarga diiringi dengan kalimat rasa syukur atas karunia suami dan anak yang sehat serta perkawinan yang harmonis. Belakangan aku baru tahu bahwa beberapa bulan lalu perkawinannya sedang ada masalah. Ow.

Rupanya foto keluarga di media sosial menyampaikan pesan yang seringkali berbeda dari kenyataan. Atau bisa jadi foto keluarga sebagai upaya mengatakan pada orang-orang tertentu bahwa, “Kami baik-baik saja”, atau “Jangan ganggu suamiku lagi”, atau “Dia gak akan ninggalin aku”, atau “Aku tidak akan meninggalkan keluargaku”.

Aku tidak ingin menggeneralisir. Tentu ada beberapa pasangan yang memang senang berbagi foto bersama. Tapi jika ada teman kita yang tau-tau suka mengunggah foto keluarga, mungkin itu yang perlu dikawal.

Bogor, 10 Februari 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s