Pengalaman-Saya

Cara membawa cairan dalam penerbangan


Akhir Januari lalu, aku berkunjung ke rumah mertua dan adik di Malang. Aku diberikan titipan berupa jamu berisi campuran cuka apel, bawang lanang, lemon, dan rempah-rempah. Sementara adikku merekomendasikan madu Propolis dari Lawang untuk menjaga stamina. Akhirnya aku beli madu propolis infeksi satu botol besar dengan harga 175 ribu. Kedua cairan tersebut disimpan dalam botol kaca ukuran 1.500 gr.

Aku membawa kedua “obat” itu ke Pandaan, ke rumah orang tua. Aku masih bingung cara membawa kedua barang itu ke dalam pesawat. Karena dalam jumlah di atas 100 ml, maka harus masuk bagasi. Tetapi bagasi sering dilempar oleh petugas. Bapakku mengusulkan membuka botol dan memindahkan isinya ke dalam botol plastik yang kokoh.

Ya ada untungnya juga ibu dan bapak menyimpan botol bekas sirup dan obat-obatan. Aku menuangkan isi kedua botol kaca ke masing-masing botol plastik yang sudah dicuci. Sebagai perlindungan akhir, tutup botol dilapisi plastik ukuran mini yang diikat karet untuk menghindari bocor. Seluruh badan botol juga dilapisi kertas koran dan terakhir dimasukkan dalam kantong plastik yang rapat. Beres!

Mau tidak mau aku harus membawa koper ukuran kecil agar kedua barang masuk bagasi. Sampai di Bandara Abd. Saleh Malang, koper lolos masuk bagasi. Aku agak cemas selama perjalanan. Sesampai di rumah, aku langsung bongkar koper dan alhamdulilah, jamu aman dan madu bocor sangat sedikit. Tidak ada pakaian atau bagian koper yang terkena noda.

Rasanya senang karena berhasil membawa dua jamu itu ke Bogor. Aku dan suami dapat mengkonsumsi madu untuk mengobati gatal di mata dan batuk. Suami juga sangat suka dengan jamu buatan kakaknya karena dapat menjaga stamina. Perjalanan dari dan menuju tempat kerjanya 2,5 jam. Total pulang pergi 5 jam dengan kereta listrik dan motor. Semoga tips ini dapat membantu orang lain yang akan bepergian membawa cairan melalui penerbangan.

Bogor, 5 Februari 2017

 

Leave a Reply

