Pengetahuan-Saya

One page one day at a time


Beberapa hari lalu aku membaca seorang penulis yang membuat program bagi dirinya sendiri untuk menulis 3 halaman ketika bangun tidur. Kegiatan itu dilakukan setiap hari untuk melatih dirinya menulis. Sebelumnya, aku pernah memiliki seorang teman yang juga mendisiplinkan dirinya dengan menulis satu halaman setiap hari. Alasannya sederhana, untuk bisa menulis seseorang harus terbiasa menulis.

Aku pernah mencoba program menulis satu halaman per hari tapi hanya berlangsung 2-3 hari setelah itu aku tinggalkan. Aku sekarang mengkombinasikan program yang baru dengan sebelumnya. Artinya, kapan kita menulis sepertinya berpengaruh pada proses menulis. Jadi aku akan menulis satu halaman per hari setiap bangun tidur. Aku tidak membatasi diriku dengan satu halaman, tapi intinya menulis setelah bangun tidur ketika pikiran dan fisik masih segar dan lebih jujur. Di waktu pagi, sehabis bangun tidur, seseorang dianggap lebih spontan menyampaikan berbagai hal di dalam hidupnya dan hal pertama yang ada di dalam pikirannya.

Aku juga tidak membatasi diri harus menulis dengan tangan. Selama dua hari ini memang aku menulis dengan tangan lalu aku tulis kembali di laptop untuk dimuat di blog. Kegiatan ini menyenangkan dan mendorong aku lebih produktif dan terlatih menyusun kata dan kalimat lebih cepat. Aku tidak tahu bagaimana kelanjutan program ini setelah seminggu atau jika masuk ke dalam jadwal ujian dan tugas makalah. Itu akan jadi tantangan berat. Namun program ini layak dicoba. One page one day, at a time.

Yogyakarta, 18 Januari 2017

Leave a Reply

