Pengalaman-Saya

Kembali ke sekolah


Blogku tersayang ditinggal begitu saja tanpa asupan cerita mutakhir. Bulan Juli aku sibuk menjual rumah dan mengemas seluruh barang untuk pindah ke Bogor. Akhir Juli pindah rumah kontrakan ke Bogor. Wiii, rumahnya besar, kokoh, nyaman, lengkap dengan perabot. Hanya lokasinya agak jauh dari kampus dan lebih jauh lagi dari stasiun Bogor di kota. Ya selama 1 tahun dulu sambil melihat jika ada alternatif lain.

Selama Agustus, aku masih santai dan masih fokus ke pekerjaan. Proses pendaftaran ulang dan kuliah umum dilalui dengan baik. Pengenalan kampus masih lancar. Urusan pengajuan dana ke LPDP juga masih lancar. Alhamdulilah belum ada hambatan berarti. Mulailah perkuliahan.

September 2016. Bulan penuh kesibukan. Tugas makalah antri untuk dikerjakan. Laporan interim ke lembaga donor juga harus selesai. Bismillah dan kerjakan, cuma itu resepnya. Hari ini tanggal 30 September dan senangnya karena beberapa tugas penting sudah kelar. Lanjut dengan tugas lain.

Aku ingin berefleksi. Usia 18 tahun aku mulai masuk kuliah untuk tingkat sarjana. Usia 25 tahun, aku melanjutkan kuliah pascasarjana. Di usia 37 tahun, aku melanjutkan ke pascasarjana doktor. Lifelong education ceritanya. Keberuntungan. Mungkin itu salah satu yang utama. Kalau kecerdasan, aku selalu merasa rata-rata. Ketekunan. Nah, ini kekuatanku.

Bersekolah lagi bukan tanpa hambatan. Ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan harapan. Namun aku mencoba untuk menyemangati diri sendiri. Pendidikan layaknya samudera. Punya sekoci yang kuat saja tidak cukup, punya kemampuan yang baik saja juga tidak cukup. Perlu kombinasi dari berbagai hal untuk bisa memaknai samudera. Pendidikan juga sangat lentur karena proses pendidikan adalah proses menjadi manusia. Jadi di tengah berbagai tugas untuk minggu depan, aku sempatkan memotivasi diri dengan menulis cerita ini. Baru satu bulan kuliah lho! Nikmati aja ya.

Bogor, 30 September 2016

Leave a Reply

