Pengalaman-Saya

Indah pada saatnya


Ya, sudah lama sekali tidak menulis. Tulisan terakhir bulan April. Sekarang sudah masuk 1 Juli. Coba kuingat. Pertengahan April. Aku sedang menyiapkan berbagai persyaratan untuk kontrak dengan sebuah lembaga donor di Inggris. Aku juga menyiapkan acara konsolidasi nasional di akhir April. Acara penting di mana aku berencana untuk undur diri dari posisi koordinator nasional.

Acara berlangsung sukses. Aku memang bukan koordinator tapi aku ketua tim proyek karena aku dianggap yang tahu tentang seluk-beluk proposal dan aku narahubung dengan lembaga donor. Aku merasa ini memang tanggung jawabku. Aku masih belum tahu bagaimana aku bisa membagi waktu dengan kuliah.

Akhir bulan April aku juga harus melengkapi seluruh dokumen untuk pendaftaran administrasi di Pascasarjana IPB. Oke, semua lancar. Klik, ‘selesai melengkapi data’. Tinggal menunggu pengumuman tanggal 13 Juni.

Karena penggantiku masih harus menyelesaikan tanggung jawab di lembaga sebelumnya, aku tetap menjadi koordinator sampai dengan Mei 2016. Aku berusaha menyiapkan segala sesuatu terkait peralihan dan serah terima sebaik mungkin.

Hari itu akhirnya datang juga. Hari pengumuman kelulusan. Ya, aku lulus masuk IPB. Masih menunggu jadwal untuk verifikasi dokumen dan jadwal pertama untuk kuliah umum 31 Agustus 2016. Aku langsung mengurus kontrak dengan LPDP dengan scan surat penerimaan dari IPB. Selang satu hari mendapat respon dan dikirimkan draft kontrak. Aku isi dan langsung kirimkan ke Jakarta. Saat ini aku menunggu kontrak yang sudah ditandatangani LPDP beserta dengan akun Simonev untuk mengajukan berbagai formulir.

Aku dan suami juga mencari rumah kontrakan di Bogor. Aku juga menyewakan rumahku di Pakis. Perkara menyewakan rumah ini sedikit sulit. Rumahku terletak dekat bandara kecil di Malang yang cukup jauh dari pusat kota. Lokasi perumahan dari jalan besar sekitar 3 km. Aku justru suka lokasinya, aman, sejuk, dan nyaman. Aku masih pesimis, adakah yang mau mengontrak rumah ini sebelum akhir Juli?

Mencari rumah kontrakan dekat kampus juga sulit. Karena suami bekerja di Jakarta, dia ingin tinggal dekat stasiun. Tapi karena ini tahun pertamaku kuliah dan aku tidak tahu tentang Bogor atau IPB, aku ingin tinggal dekat kampus. Oke, suami berkompromi. Ya tentu saja, kalau tidak karena keberatannya aku akan memilih kuliah di luar negeri. Ya, itu salah satu alasan saja.

Seorang teman di Jogja pernah menawariku untuk mampir di rumah suaminya, dekat kampus. Suaminya alumni IPB. Aku hubungi dia, siapa tahu rumahnya dikontrakkan. Lah kok klop. Rumah itu dikontrakkan, dia juga mengirim fotonya. Wih, bagus dan besar. Dua tingkat tapi yang dikontrakkan hanya lantai 1. Bagus, aku juga gak bisa mengurus 2 lantai. Keponakannya yang menempati rumah itu akan lulus dan pindah akhir Juli. Sementara aku juga akan pindah awal Agustus. Indah pada saatnya.

Saat ini aku sedang menunggu draft kontrak untuk ditandatangani dan proses pembayaran. Ya, menguras tabungan dulu sampai ada penyewa di rumah ini. Tetangga sebelah juga bersedia untuk membantu melayani orang yang ingin survei jika aku sudah pindah. Inilah rumahku di Graha Gardenia, Desa Saptorenggo. Yup, ada di desa yang sudah ramai. Daerah pinggiran. Aku sewakan rumah ini beserta beberapa perabot. Karena rupanya di rumah temanku juga sudah ada perabot. Silakan kontak WA 0818845250 jika ada yang berminat untuk mengontrak.

Aku berdoa agar seluruh proses yang aku lalui dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

IMG_20160515_155304-COLLAGE

Malang, 1 Juli 2016.

Leave a Reply

