Pengalaman-Saya

Tempat transit di sekitar Bandara Juanda


Tanggal 14 April kemarin aku mencari penginapan murah meriah plus sederhana di sekitar Bandara Juanda. Penerbanganku dengan Airasia tanggal 15 April jam 05:30, dari Malang tidak ada travel yang bersedia mengantarku, meskipun mereka berangkat dari pangkalan jam 3 pagi. Mereka takut terlambat. Lagipula tanggal 14 itu aku mengikuti acara workshop di Surabaya.

Berhubung aku orang yang terencana, aku tidak berani go-show mencari penginapan harian di sekitar Juanda meskipun ada banyak sekali. Sebagian besar penginapan tersebut tidak mengiklankan diri di media sosial sehingga sulit bagi calon pelanggan untuk memesan kamar. Penginapan yang mengiklankan diri dan bekerjasama dengan Expedia atau pemesanan hotel online adalah Da Rifi dan Rotterdam Hotel tetapi keduanya masih agak jauh.

Melalui OLX, aku menemukan penginapan di sekitar Sedati Gede, tepatnya di belakang Depot Prasmanan Barokah. Ada beberapa kamar yang ditawarkan, non AC 75 ribu, AC 100 ribu. Aku cari yang lebih murah lagi, dan ada 40 ribu. Kamarnya kecil, ada kamar mandi dalam yang imut dan agak kotor, tidak ada gorden, kamarnya juga lembab, sepertinya jarang digunakan. Ada 1 lemari kayu, kipas angin, dan springbed tanpa dipan. Karena aku hanya perlu tempat untuk tidur selonjor dan kamar mandi selama 6 jam, aku pilih ini saja. Aku tidak perlu kenyamanan berlebih.

Aku juga mencari transportasi ke bandara. Aku coba mencari Gojek dan Uber di HP tapi tidak ada yang tersedia. Akhirnya aku minta tolong penjaga rumah kos untuk mengantarku. Biayanya 30 ribu. Susah sekali dinego. Harganya hampir sama dengan harga kamar. Jarak dari rumah kos ke Terminal 2 hanya sekitar 7 menit dengan motor.

Di bandara aku menemukan banyak calon jemaah yang akan berangkat umroh beristirahat di pelataran. Aku merasa tidak nyaman menunggu dan tidur di pelataran bandara. Aku sendiri pernah menunggu lama di stasiun Tugu karena ada longsor di Jawa Barat. Jadi aku yakin tidak bisa beristirahat dengan nyaman.

Tidur selama 6 jam cukup diselingi 2 kali bangun cukup nyaman. Aku bersiap berangkat diantar oleh penjaga kos. Alhamdulilah sampai dengan selamat. Aku juga merasa cukup segar.

Aku baca kembali di sebuah website, ada Wisma Haji di dalam komplek Kementrian Agama di Jalan Raya Juanda, sekitar 500 meter sebelum Aloha menawarkan kamar harga murah. Di website tertulis Rp.175.000,- untuk Standart Twin (2 orang). Perlu update kembali harganya tahun ini di nomor 031.8674420. Give your body a good rest!

Jakarta, 16 April 2016.

Leave a Reply

