Pengalaman-Saya

Prosedur pindah ke Kabupaten Malang (lanjutan)


Tulisan ini menyambung tulisan sebelumnya tentang proses pindah administrasi dari Kota Malang ke Kabupaten Malang. Di tulisan terakhir, aku selesai mengurus surat dari Dispendukcapil Kota Malang. Seluruh dokumen dari Dispendukcapil itu, aku bawa ke Dispendukcapil Kabupaten Malang di Kepanjen. Perjalanan dari rumah ke lokasi sekitar 45 menit dengan kendaraan motor. Di Dispendukcapil Kabupaten, warga mengambil nomor. Petugas akan minta kita membeli map berisi daftar periksa dokumen untuk mengurus KK. Kemudian menunggu sampai dipanggil. Pemeriksaan di loket KK sebentar dan diberi tanggal untuk pengambilan KK. Pengurusan KK dan KTP tidak bisa dilakukan bersamaan. Perlu sabar bolak-balik.

Aku membayangkan orang-orang yang tinggalnya lebih jauh lagi dari Pakis, misalnya di Singosari, Lawang, dan daerah pantai Malang Selatan. Wow!

Proses pengambilan KK berlangsung cukup cepat, kemudian kami langsung mengurus KTP baru. Mengantri lagi dan membeli map yang berbeda. KTP lama tidak diambil dan KTP baru berlaku seumur hidup selama tidak ada perubahan data. Mengantri KTP lebih lama. Di loket, kami diberi tanggal untuk mengambil KTP baru. Kalo KK baru selesai dalam waktu 2 minggu, maka KTP baru selesai dalam waktu 1 bulan. Sepertinya warga yang dilayani Kabupaten lebih banyak daripada Kota.

Sekarang KK dan KTP baru sudah selesai. Lega banget rasanya. Pada waktu pulang ke rumah, sekaligus aku dan suami mampir ke Kantor Desa dan Kecamatan untuk memberikan salinan KK. Satu lagi diberikan ke Ketua RT.

Rampung dan biayanya adalah transportasi, makan selama menunggu/perjalanan, fotokopi, dan membeli map. Serunya lagi, pada saat membuat tulisan ini listrik di rumah mati. Setelah sebelumnya aku memantau linimassa Twitter kalau daerah Dewandaru mati listrik. Pemadaman bergilir menjelang Harlah Muslimat NU. Ada hubungannya?

Malang, 25 Maret 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s