Pengalaman-Saya

Menghilangkan jamur di dinding


Sekedar berbagi pengalaman bertarung dengan jamur yang tumbuh di dinding. Ketika membeli rumah seken, tentu ada berbagai perbaikan yang perlu dilakukan. Nah, dinding berjamur salah satu yang harus aku hadapi. Ada beberapa tempat jamur ini tumbuh, sebagian besar di bagian rumah tambahan, bukan rumah asli karena rumah yang aku beli pernah direnovasi.

Dinding yang berjamur ada di bagian luar kamar mandi, kamar tidur utama, dan tempat cuci/jemur di bagian belakang. Paling utama dan mengganggu adalah jamur di kamar tidur dan di luar kamar mandi. Aku sudah minta tukang untuk mengecat ulang. Sebelumnya diplamir, diberi cat avian, lalu dicat akhir. Di dalam kamar, setelah dicat akhir, masih dicat dengan cat minyak. Namun jamur tetap keluar lagi. Aku pikir mungkin rumah ini lembab dan satu-satunya cara adalah dinding dikeramik. Namun biayanya pasti mahal.

Akhirnya ada tukang yang mencoba untuk membongkar dinding sampai kelihatan batu batanya. Ternyata semennya sedikit dan antara bata dengan semen tidak menempel sempurna. Alhasil, semen diperbanyak sampai benar-benar menempel dan menutupi bata. Ditinggalkan selama 2-3 hari sampai benar-benar kering. Jadi pengerjaannya memang lama dan tidak setiap hari. Setelah itu diplamir dan ditunggu lagi 1-2 hari sampai benar-benar kering agar terlihat jika dinding berkeringat alami atau tanda-tanda jamur. Setelah dipastikan kering, dicat akhir.

Dengan cara ini, dinding luar kamar mandi dan kamar tidur tidak lagi tumbuh jamur. It works!! Mremang perlu biaya tukang dan semen yang banyak tapi sepadan dengan hasilnya. Tidak perlu dikeramik juga karena masalah ada di semen yang diirit sehingga tidak menutupi sempurna dan tidak kering dengan baik sehingga air merembes masuk dan tumbuh jamur.

Semoga bermanfaat.

Malang, 16 Maret 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s