Pengalaman-Saya

Penginapan sederhana di Jogja


Beberapa kali ke Jogja aku menemukan beberapa penginapan yang bagus dan sangat terjangkau. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda. Aku pernah menginap di Wisma Mujanat yang berada persis di Jalan Malioboro, tepatnya di sebuah gang di belakang Hotel Mutiara. Kamar penginapan ada di lantai 2, kamar mandi luar, koneksi internet nirkabel, kipas angin, lemari kecil, teras mini di lantai 2 untuk duduk-duduk, tidak disediakan peralatan mandi dan handuk, laki-laki dan perempuan dapat menginap bebas tanpa menunjukkan surat nikah.

Munajat sangat populer sebagai penginapan backpacker karena sudah terdaftar di Agoda. Dalam satu kamar, juga bisa menginap beberapa orang kalau merasa nyaman. Aku kurang paham biaya tambahannya. Tempat tidurnya tanpa dipan, jadi springbed diletakkan di lantai. Pengalamanku di sana, springbednya keras dan terasa beberapa pegasnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akhir 2014, aku menginap dengan tarif Rp 125.000/malam.

Selain Munajat, aku juga pernah menginap di Hotel Pantes. Lokasinya persis di seberang Munajat. Di hotel ini pasangan laki-laki dan perempuan harus menunjukkan surat nikah tapi tarif kamar ada yang lebih murah. Tahun 2014, aku pernah menginap di kamar dengan dua bed seharga Rp 100.000/malam. Fasilitasnya: kamar mandi luar, kipas angin, kasur bukan springbed tapi nyaman dan diberi dipan, kamar jauh lebih luas dari Munajat, ada ruang tamu, ada teras di tiap kamar, meja dan kursi, pagi dan sore mendapat teh hangat. Namun tidak ada internet nirkabel. Untuk anak muda mungkin susah hidup tanpa internet ya. Selain kamar yang luas, yang aku suka dari Hotel Pantes adalah langit-langitnya tinggi sehingga terasa sejuk.

Ketika tanggal 8 Maret kemarin aku berencana ke Jogja, aku ingin mencoba penginapan lain. Aku ingin memanfaatkan kartu kreditku untuk booking hotel online karena aku dengar bisa jauh lebih murah. Aku mencoba aplikasi Traveloka, Tiket.com, Agoda, dan Hotel Quickly. Beberapa aplikasi tersebut sedang memberikan diskon tapi penginapan dengan budget yang aku inginkan tidak tersedia. Karena selain tarif hotel yang tercantum, biasanya ada biaya lain ketika akan check out dari aplikasi yaitu jasa untuk aplikasi tersebut. Untuk traveloka mungkin sudah menjadi satu dengan tarif di hotel. Selama 3 hari aku berburu hotel online. Budgetku backpacker tapi maunya fasilitas standard, otomatis perlu kerja keras dan kesabaran. Aku berencana tinggal selama 4 malam. Tadinya rencana menginap 2 malam di hotel dengan fasilitas lengkap selama 2 malam dan 2 malam di wisma budget. Meskipun hanya membawa satu bagpack, aku malas juga kalau berpindah tempat. Aku putuskan untuk menginap di satu tempat saja.

Aku menemukan Griya Nalendra Guesthouse di aplikasi Trivago. Tarif yang tercantum di Expedia.com adalah Rp 111.570/malam ditambah jasa Rp 23.000/malam. Aku lihat foto kamar, lokasi dan fasilitas sepertinya sesuai kebutuhan. Aku langsung booking sehari sebelum keberangkatan. Menemukan tempatnya agak sulit karena aku salah ambil jalan sementara Jl. Urip Sumoharjo satu arah. Putar balik dan akhirnya lewat jalan besar supaya tidak kesasar.

Secara umum, aku puas dengan penginapan ini. Lokasinya strategis, dekat dengan Empire XXI, LPP, Jalan Gejayan, warung dan swalayan. Fasilitas yang diberikan: tempat tidur bertingkat, dua kursi, meja dan lemari di dalam kamar, AC, mendapat makan pagi (nasi goreng+telor ceplok+teh hangat), air galon dan air panas di dispenser, kamar mandi luar dilengkapi dengan air panas, ruang tamu cukup luas, tempat parkir yang memadai, dan ada nuansa Hindu Bali bercampur tradisional Jawa. Untuk 5 kamar, disediakan 3 kamar mandi luar. Ketika aku di sana, salah satu kamar mandi listriknya korslet. Jadi hanya 2 yang bisa dipakai.

Penginapan ini sangat nyaman, tidak bising, ada banyak warung di sekitarnya untuk makan. Lokasinya dekat dengan Superindo, Gardena, dan Galeria Mal. Bagi yang mau jalan agak jauh, bisa ke Gramedia atau Perpustakaan Kota. Berhubung aku membeli tiket pulang tanggal 13 Maret pukul 01:35, sepertinya aku akan menambah 1 malam lagi. Pihak penginapan setuju untuk memberikan harga sesuai dengan tarif di Expedia.com. Untuk lebih lengkap, silakan cek foto-foto yang aku ambil selama tinggal di penginapan ini.

Jogja, 11 Maret 2016

One thought on “Penginapan sederhana di Jogja

  1. Terimakasih infonya. Numpang promosi ya 🙂
    Dipa Homestay
    https://www.facebook.com/dipahomestay/
    Lokasi : GANG KUTILANG NO. 9 PLEMBURAN- SLEMAN – DIY
    Lingkungan perumahanan nyaman dan tenang
    DEKAT DENGAN PUSAT KOTA, UGM 10 MENIT, MALIOBORO 20 MENIT, DAN LOKASI TUJUAN LAIN.
    FASILITAS :
    4 KAMAR TIDUR BESAR BER AC
    1 KAMAR MANDI DALAM + 3 KAMAR MANDI LUAR
    WATER HEATER
    CAR PORT (3 MOBIL)
    DAPUR
    WIFI
    TV
    RUANG TAMU
    BALCONY
    MORE INFO : 0822 5154 5496 (WA)
    email : dipahomestay@yahoo.com

Leave a Reply

