Pengalaman-Saya

Pengalaman pindah keluar antar kota/kabupaten


Tanggal 2 Januari 2016, aku mulai pindah ke rumah baru di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Setelah seminggu di rumah baru, saatnya mengurus perpindahan kependudukan. Tulisan ini ingin menceritakan pengalamanku pindah keluar dan masuk.

Saat pindah dari Jakarta ke Kota Malang sekitar 5 tahun yang lalu, aku mengurus berbagai administrasi pendukung. Setelah 5 tahun tinggal di Kota Malang, aku pindah ke Kabupaten Malang. Dimulai dengan mengisi surat keterangan dari RT dan RW yang dilengkapi dengan 1 fotokopi Kartu Keluarga dan 1 fotokopi KTP suami istri. Kadang kala diminta juga surat pembayaran PBB terakhir. Disiapkan saja fotokopinya.

Saatnya ke kelurahan. Di sini aku diminta untuk melengkapi surat keterangan pindah yang ditandatangani oleh suami, pas foto 4×6 4 lembar (berlatar belakang merah), bawa KK asli dan 2 fotokopi, bawa KTP asli dan 2 fotokopi, dan fotokopi surat nikah (halaman 1 dan 2). Karena suami tidak ikut, aku contek tanda tangan suami. Kalau bisa suami sendiri ikut mengurus.

Selesai mendapat tanda tangan Lurah, dilanjut ke kecamatan. Di sini aku diminta mengisi survey kepuasan dan memberikan foto suami 3×4 sebanyak 1 lembar. Siapkan saja fotokopi KK dan KTP. Dari kecamatan, aku diminta mengurus SKCK. Kalau mengurus di Polresta maka memerlukan sidik jari suami. Berhubung suami tidak ikut, aku urus di polsek. Di sini, aku diminta mengisi formulir SKCK tapi dengan nama suami. Jadi siapkan informasi mengenai nama dan usia ibu dan ayah suami, nama dan usia saudara suami, serta riwayat pendidikan suami. Siapkan juga foto 4×6 3 lembar, fotokopi KTP dan KK serta membayar Rp 10.000. Ditunggu 3 menit dan langsung selesai.

Kemudian aku membawa seluruh persyaratan tadi ke Dispendukcapil Kota Malang. Bawa ke loket 24 bertuliskan “Pelayanan pendaftaran pindah keluar”. Masukkan seluruh persyaratan ke dalam map berwarna kuning. Petugas akan mengambil KK asli dan beberapa persyaratan kemudian memberikan kertas kecil bertuliskan tanggal surat keterangan pindah keluar bisa diambil. Biasanya 3 hari kerja. Jadi aku mengambilnya besok, Senin tanggal 18 Januari.

Tahap selanjutnya akan bersambung. Semoga tulisan ini membantu persiapan dokumen dari pembaca yang akan pindah antar kota/kabupaten di provinsi yang sama.

Malang, 17 Januari 2016

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s