Pengalaman-Saya · Perjalanan-Saya

Esai Rencana Studi LPDP


Untuk membantu beberapa orang yang bertanya tentang esai rencana studi, aku mengunggahnya di blog ini. Semoga bisa membantu teman-teman lain yang sedang mengajukan beasiswa LPDP.

—–

Saya, Niken Lestari, berlatar belakang S1 dari Jurusan Ilmu Perpustakaan, Universitas Indonesia. Skripsi saya yang berjudul “Perilaku pencarian di world wide web: Studi kasus mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia” berhasil mendapatkan nilai B. Saya lulus tahun 2001 dengan predikat sangat memuaskan.

Setelah 3 tahun bekerja di berbagai perpustakaan yang ada di perusahaan dan organisasi, saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Program Studi Pascasarjana Kajian Gender (waktu itu Kajian Wanita) di almamater. Motivasi saya melanjutkan studi adalah mengurai pengalaman pelecehan seksual yang beberapa kali saya alami dan mencari cara pandang berbeda dalam melihat pengetahuan. Saya tidak memikirkan ijazah atau linieritas karena saya tidak berencana untuk terjun ke dunia akademik sebagai pengajar. Saya ingin mendapatkan seperangkat analisis yang dapat memfasilitasi saya proses “menjadi” dan memahami berbagai fenomena sosial. Tesis saya mengambil judul “Sudut pandang perempuan dalam memaknai fisika” dan saya berhasil lulus dengan judisium Cum Laude.

Bagi saya, setiap manusia adalah pohon pengetahuan dengan kekhasan masing-masing. Saya sangat menyukai multi-disiplin dan menikmati proses matrikulasi sebagai pembenihan baru dari persilangan benih yang sudah ada. Motivasi saya memilih studi doktoral di Fakultas Ekologi Manusia, Departemen Ilmu Penyuluhan Pembangunan juga hampir sama.

Pengalaman dan penelitian saya sebelumnya yang menuntun saya ke Ilmu Penyuluhan Pembangunan. Saya tidak puas menjadi pustakawan dengan paradigma “menunggu dan melayani pemustaka”. Pemustaka saat ini lahir sebagai digital native yang dikelilingi dan didatangi oleh berbagai sumber digital. Pustakawan tidak bisa menunggu dan berharap muncul kesadaran membaca dan memproduksi pengetahuan dari masyarakat dengan “bertapa” di perpustakaan.

Penelitian selanjutnya mengenai ilmu pengetahuan yang bergender mengubah cara pandang dalam melihat dikotomi intuisi-logika, obyektif-subyektif, perasaan-nalar yang terinternalisasi dalam diri setiap manusia. Perempuan sebagai pembelajar di institusi formal dan informal memaknai ilmu pengetahuan dan seluruh aspek kehidupannya menggunakan seperangkat dikotomi yang sama. Pendidikan seringkali menjadi media doktrinasi nilai gender yang
melemahkan potensi perempuan daripada kekuatan yang memberdayakan dan mendorong lahirnya inovasi.

Kedua penelitian di atas membawa saya untuk menyusun proposal penelitian mengenai analisis kepemimpinan terhadap penyuluh perempuan karena selama ini saya bekerja di sebuah organisasi yang beranggotakan penyuluh (pendamping) komunitas perempuan dari seluruh Indonesia. Dengan begitu, saya berharap hasil penelitian ini berdampak langsung terhadap organisasi dan anggotanya.

Rencana saya setelah selesai studi adalah ikut mengembangkan organisasi tempat saya bekerja sekarang, FAMM-Indonesia. Saya akan ikut mendukung kerja pengorganisasian dan pendokumentasian pengetahuan yang dilakukan organisasi anggota dan mitra seperti PEKKA, PESADA, Asosiasi PPSW, ASPPUK, dan organisasi berbasis akar rumput lainnya. Hanya sebagian kecil ornop yang memiliki divisi kajian atau memiliki kapasitas serta sumber daya untuk
melakukan penelitian. Saya dapat berperan dalam proses produksi pengetahuan dari kerja-kerja yang mereka lakukan.

Saya juga ingin terlibat dan berkontribusi pada kajian yang dilakukan oleh PSG (Pusat Studi Gender) di IPB dan Prodi Kajian Gender di UI. Melalui kontribusi di institusi akademik tersebut,saya dapat berbagi dan mengembangkan ilmu yang telah saya pelajari. Termasuk bekerjasama dengan sektor korporasi untuk lebih memahami potensi penyuluh pembangunan dan keterkaitan dengan pengembangan usaha.

Leave a Reply

