Pengalaman-Saya

BPJS kesehatan bagi peserta mandiri


Minggu lalu, saya dan suami menguruskan BPJS Kesehatan ibu di Malang. Aku sendiri baru tahu 2 bulan sebelumnya bahwa dia belum terdaftar. Padahal usianya seumuran dengan ibuku, yaitu di atas 60 tahun dan beberapa kali mengalami keluhan maag dan jantung berdebar. Dari pengalaman banyak orang, penting untuk memiliki BPJS sebagai jaring pengaman jika memerlukan perawatan dan pengobatan. Namun, ada beberapa kendala.

Pertama, Ibu mertuaku satu KK dengan keluarga salah satu anaknya yang tinggal di Lawang. Semua anggota keluarga anaknya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang diurus tempat kerja. Hanya ibu, anggota keluarga di KK, yang belum terdaftar. Kedua, ada perbedaan identitas nama, tanggal lahir dan NIK yang tercantum di KK dengan di E-KTP. Oleh karena itu, ibu mertuaku gagal dalam pendaftaran BPJS sebelumnya.

Proses pengurusan BPJS Kesehatan ibu dimulai dengan mengajukan penyesuaian identitas E-KTP sesuai KK karena informasi di KK yang benar. Prosesnya dimulai dari RT, RW, Kelurahan sampai Dispendukcapil di kantor terpadu Buring.

Berhubung blanko E-KTP di Kota Malang habis, maka dia melampirkan surat keterangan dari Dispendukcapil setempat, asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir. PENTING untuk melegalisir fotokopi karena beberapa instansi tidak menerima fotokopi saja. Surat ini bisa digunakan untuk mendaftarkan BPJS Kesehatan.

Syarat pendaftaran peserta bukan penerima upah atau mandiri yaitu:

  1. seluruh anggota keluarta dalam Kartu Keluarga (KK) WAJIB didaftarkan
  2. memiliki NIK yang tercantum pada KTP elektronik/Kartu Keluarga
  3. memiliki nomor telepon dan/atau alamat email

Pengurusan BPJS Kesehatan WAJIB melampirkan:

  1. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi, 1 lembar
  2. KTP elektronik asli dan fotokopi, 1 lembar
  3. surat nikah asli dan fotokopi, 1 lembar
  4. akte kelahiran anak asli dan fotokopi, 1 lembar (khusus bagi anak)
  5. foto berwarna (3X4), 1 lembar
  6. fotokopi buku rekening (Bank BRI, BNI, atau Mandiri), 1 lembar dari salah satu anggota di KK.

Suami saya yang mendaftarkan ke BPJS Kesehatan di kantor cabang Malang, yaitu Jl. Raden Tumenggung Suryo 44. Telepon 0341-493026, 472080. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor lain seperti Liaison office di JL. Sunandar Priyo Sudarmo 8G, KLO Kota Batu di Ruko Pattimura Square Kav. C di Jl. Pattimura, telepon 0855 4950 4848. Bisa juga di KLO Kab. Malang di Jl. Panarukan 11, Kepanjen telepon 0341-394736, 081333 433 187.

Untuk mendaftar, tidak perlu orang bersangkutan atau salah satu dari anggota KK hadir. Suami saya yang menguruskan, berbeda KK dengan ibunya tapi bisa mengurus. Ibu juga tidak perlu punya rekening sendiri, cukup menggunakan rekening dari salah satu anggota di KK, yaitu anaknya yang tinggal di Lawang. Jika semua syarat terpenuhi, maka prosesnya cepat.

Oya, sebelum datang ke BPJS kesehatan, coba cek nama calon peserta di pangkalan data di website http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/15/Pendaftaran-Peserta. Caranya dengan memasukkan nomor KK di kolom yang ada kemudian muncul nama orang yang ada di dalamnya. Jika bisa dibuka berarti sudah terdaftar. Kalau hanya ada nama tapi tidak buka dibuka berarti belum terdaftar. Nama ibu saya sudah muncul tetapi tidak bisa dibuka.

Setelah mendaftar, maka suami saya mendapatkan selembar kertas berisi virtual account (VA) di 3 rekening (BRI, BNI, dan Mandiri). Berhubung sudah menggunakan virtual account, maka pembayaran iuran bisa dilakukan dari rekening mana saja, di luar 3 bank tadi. Informasi ini juga diperoleh dari call centre BPJS. Karena suami saya juga mempunyai rekening Mandiri, maka dia bisa langsung membayarkan iuran ibunya. Pembayaran iuran pertama dilakukan paling cepat 14 hari hari kalender dan paling lambat 30 hari kalender setelah nomor VA diterima.

INGAT! Apabila dalam waktu 30 hari kelender setelah VA diterima tidak melakukan pembayaran iuran maka peserta wajib mengulang proses pendaftaran. Terakhir, untuk mengecek pembayaran iuran tiap bulan, bisa buka http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/23/Check-Pembayaran-Iuran.

Semoga membantu.

Malang, 25 Agustus 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s