Pengalaman-Saya

Pengalaman investasi Unitlink


Tulisanku mengenai asuransi link termasuk paling banyak diakses. Aku bergabung sejak April 2010 sehingga sampai sekarang terhitung sudah 6 tahun aku menabung dan berinvestasi melalui asuransi unitlink Acelife. Selama 6 tahun itu aku baru mengklaim 1 kali, waktu itu sistemnya reimburse karena rumah sakit yang aku tuju bukan rumah sakit rekanan.

Aku juga mengecek kembali berapa jumlah investasiku. Bulan Juli 2015 aku membayar premi. Kemudian dikirimkan pernyataan transaksi yang didalamnya juga berisi informasi biaya-biaya dan jumlah investasi. Di dalamnya tertulis jumlah investasi sebesar 11 juta sekian.  Di awal kontrak aku memilih jenis investasi Rupiah Equity Fund 100 persen. Kemudian aku bandingkan dengan ilustrasi yang ada di dalam kontrak.

Pada tahun ke-6, perkiraan hasil investasi rendah sebesar 14 juta sekian, sedang sebesar 16 juta sekian dan tinggi 20 juta sekian. Memang ada catatan bahwa ilustrasi hanya gambaran sesuai kondisi pada saat kontrak dibuat dan hasil investasi akan bervariasi sesuai dengan kondisi ekonomi. Namun, ini juga sebagai gambaran bagi orang-orang yang ingin berinvestasi dengan berbagai cara bahwa investasi saat ini kurang menggembirakan. Dalam kasusku dengan ACELife dan manajer investasi Schroder, perkembangan investasi bahkan tidak mencapai jumlah minimum yang dibuat 6 tahun lalu di tabel ilustrasi.

Namun karena investasi ini bersifat jangka panjang, maka tidak perlu ditarik. Ditunggu dengan sabar sambil terus memantau kondisi ekonomi dunia membaik. Jika perlu mengganti jenis investasi ke pendapatan tetap yang lebih stabil. Sebagai tambahan, aku juga mulai membeli reksadana sendiri melalui bank kustodian. Dengan begitu, aku dapat membandingkan hasilnya dengan hasil unitlink.

Semoga tulisan ini dapat mencerahkan pembaca.

Leave a Reply

