Pengetahuan-Saya

Mempertanyakan Produktif


Produktif menulis berarti sering menulis, menghasilkan karya. Kalau tulisannya tidak bernas, apakah masih disebut “produktif”? Menulis coret-coretan, apakah masih disebut produktif?

Produktif dalam bekerja. Apa yang disebut bekerja? Apakah pekerjaan domestik dihitung sebagai pekerjaan? Apakah pekerjaan pengasuhan dihitung dalam produk domestik sebuah negara?

“Produktif” di pagi hari bagiku adalah ketika sebelum jam 9 pagi aku sudah selesai menyapu, mengepel, belanja sayur dan lauk, memasak, membersihkan ruang tamu, menyiram tanaman, dan mandi. Beberapa tugas tersebut biasanya dilakukan bersama dengan suami. Setelah itu, aku akan berkutat dengan pekerjaan di organisasi dan perusahaan yang aku bangun, TranscriptDOC. Kadang aku melakukan rapat dan kegiatan bersama dengan teman-teman di Kojigema Institute.

Bagi perempuan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak (-anak), “produktif” mungkin menjadi kata lain dari “kelelahan akibat mengerjakan berbagai macam pekerjaan”. Seorang ibu yang “produktif” adalah yang menyusui anaknya, memasak di dapur, mengawasi anak-anak mandi dan berpakaian, menyiapkan bahan untuk pekerjaan di organisasi, membersihkan rumah, dll. Sebagian pekerjaan dilakukan bersama dengan suami atau ibu atau kerabat yang tinggal dekat dengan rumah.

Bagi perempuan berkeluarga yang dianugerahi anak berkebutuhan khusus, “produktif” bisa bermakna berbeda. Memandikan anak, membuatnya sibuk bermain dan tidak tantrum, membawanya keluar untuk berjemur adalah bagian dari kegiatan “produktif”.

“Produktif” berarti menunaikan tanggung jawab terhadap orang dan lingkungan di sekeliling. Tanggung jawab yang dimaksud tidak sebatas ekonomi dan politik. Tanggung jawab tidak terbatas pada kontrak kerja dengan perusahaan atau organisasi. Tidak ada masalah jika kategori produktif dan reproduktif dibuat hanya untuk membedakan. Namun jika kategorisasi dilakukan untuk melakukan pembedaan perlakuan dan kompensasi, hasilnya adalah ketidakadilan.

Peran gender yang sering menjadi rujukan adalah peran reproduktif, produktif dan mengelola komunitas yang dikembangkan Caroline Moser. Namun sebagai pekerja rumahan yang bekerja di 2 organisasi dan relawan di 1 organisasi, aku tidak bisa dengan mudah membedakan dan memisahkan setiap bagian. Peran reproduksi seringkali merujuk pada “biological reproduction and the care and maintenance of the work force (male partner and working children) and the future work force (infants and school-going children).” Aku punya suami dan orang tua yang perlu dirawat tapi aku tidak punya anak. Bagaimana dengan perawatan orang tua? Apakah masih bisa dianggap sebagai tugas reproduksi? Dikategorikan atau tidak, diakui atau tidak dalam teori sosial, pekerjaan itulah yang aku dan banyak perempuan lakukan di dalam keluarga.

Kata ‘produk’ dalam produktif sendiri kurang menyenangkan karena merujuk pada hasil atau karya yang berupa produk dan/atau jasa. Produk atau jasa yang aku hasilkan dengan mengajak orang tuaku ke Jatim Park 2 adalah kebahagiaan mereka. Dengan mereka merasa bahagia, mereka akan terhindar dari sakit fisik dan psikis. Biaya pengobatan bisa dikurangi.

Reproduktif tidak kalah dashyatnya dengan produktif karena setahuku peran reproduktif adalah peran mereproduksi nilai yang dilakukan secara bertahap dan sistematis. Jika nilai yang ditanamkan dalam masa reproduktif berhasil, maka seseorang bisa bekerja keras menjadi orang yang “produktif” sesuai pakem yang mapan. Masalah yang perlu dibahas adalah pembedaan penghargaan terhadap 2 jenis karya yang berbeda, ketika satu kaki tidak dapat berdiri tegap dan berjalan dengan elegan tanpa ditunjang kaki yang satunya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s