Pengalaman-Saya

Pengalaman mendaftar BPJS di Bank Mandiri


Tanggal 22 Desember yang lalu, saya mengajak suami untuk mendaftar BPJS. Jam 8.30 kami berangkat dari rumah menuju BPJS di Jl. Tumenggung Suryo No. 44 Kota Malang. Kami berangkat agak siang karena idenya juga dadakan dan mempersiapkan persyaratan. Kami buka dulu website BPJS di http://bpjs-kesehatan.go.id/index.php/pages/detail/2014/15. Kami mencari dulu foto 3×4, fotokopi KK, KTP, sekaligus saya bawa aslinya, khawatir bolak-balik. Di website ada informasi mengenai pendaftaran online. Berhubung rumah kami dekat dengan BPJS, sekalian saja kami ajukan langsung.

Persyaratan yang kami baca dari beberapa website menyarankan untuk menyiapkan formulir sbb.

1. Fotocopy KTP calon peserta

2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) peserta yang bersangkutan

3. Fotocopy Akte Nikah / Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)

4. Pas foto 3×4 berwarna sebanyak 1 lembar untuk masing-masing peserta

5. Iuran pertama untuk pembayaran

Sampai di BPJS, antrian di luar kantor sudah panjang. Wah, kita berdua sudah khawatir, bisa selesai gak nih? Kemudian dari hasil tanya dengan satpam dan orang yang ngantri, mereka menunjuk ke persyaratan yang tertulis di spanduk. Hanya 1 persyaratan yang belum ada yaitu fotokopi rekening Bank Mandiri/BNI 46/BRI. Suami saya punya rekening di Mandiri tapi tidak bawa fotokopinya. Saya juga punya rekening Mandiri tapi digunakan untuk transaksi FAMM Indonesia jadi tidak bisa saya gunakan untuk keperluan pribadi ini. Saya pikir setiap peserta BPJS harus punya rekening di salah satu bank tersebut jadi saya berpikir untuk buka rekening sekalian.

Akhirnya kami langsung ke Bank Mandiri terdekat yaitu di Jl. Jaksa Agung Suprapto untuk buka rekening. Di Bank Mandiri tentu lebih nyaman karena ruangannya ber-AC dan dilayani sangat ramah. Tadinya saya mau buka TabunganKu yang tidak ada biaya admin. Namun setelah saya menjelaskan bahwa rekening ini untuk BPJS, petugas CS menjelaskan bahwa ada rekening Mandiri BPJS dengan fitur yang hampir sama dengan rekening Mandiri biasa, yaitu ada e-banking, SMS banking, dan transfer antar bank. Bedanya adalah jumlah maksimal untuk transfer sesama Bank Mandiri dan antar bank. Biaya admin untuk tabungan dan kartu ATM sebesar Rp 4.500/bulan. Lebih murah daripada rekening biasa yang Rp 11.500/bulan. Oke, saya buka tabungan ini. Koleksi rekening dan kartu ATM saya makin banyak…hehehe. Pada saat mengisi aplikasi buka rekening juga tidak ada biaya materai.

Petugas CS kemudian bertanya jika saya sudah mendaftar BPJS. Saya mengatakan saya baru mau buka di kantor BPJS. Kemudian dia memberi informasi bahwa saya bisa mendaftar di Bank Mandiri ini juga, di ruang tunggu dengan kursi warna kuning di pojok. Wah, beneran nih? Berarti aku gak perlu balik lagi dan ngantri di halaman kantor BPJS yang panas itu. YES!!

Saya juga baru tahu bahwa cukup mengisi 1 lembar formulir pendaftaran untuk setiap Kartu Keluarga. Jadi bukan tiap orang mengisi satu. Setelah pembukaan rekening selesai, petugas CS langsung memberi saya formulir setoran pertama dan nomor antrian untuk pendaftaran BPJS.

Pendaftaran BPJS di Bank Mandiri buka dari jam 08:00-13:00. Istirahat jam 13:00-14:00 kemudian pengambilan kartu jam 14:00-15:00.

Antrian BPJS di Bank Mandiri tidak lama. Selagi menunggu kita juga bisa mendengarkan tanya-jawab dari nasabah yang lain. Giliran kami dipanggil. Kami menyerahkan formulir pendaftaran yang diambil dari kantor BPJS. Formulir itu dibaca sekilas tapi tidak diambil. Petugas tidak meminta foto, hanya fotokopi KTP dan KK saja. Kami ditanyakan mengenai fasilitas kesehatan (faskes) pertama. Kami harus memilih antara puskesmas, dokter atau klinik. Kami diberikan lembar berisi daftar faskes yang ada di Malang Raya. Kami harus memilih. Berhubung puskesmas biayanya beroperasi sampai jam 1 siang sementara dokter kadang-kadang juga cuti dan harus bikin janji, maka kami pilih klinik 24 jam Griya Bromo. Masalahnya kami belum tahu kualitas layanan mereka tapi dicoba saja karena lokasinya dekat dan semoga benar-benar buka 24 jam. Lagipula kami bisa mengganti pilihan faskes pertama ini setiap 3 bulan sekali. Kami mencatat nomor telepon Griya Bromo dan puskesmas Arjuna.

Peserta BPJS juga bisa mengganti pilihan kelas mereka setiap tahun menjadi kelas 1 atau kelas 2. Kami berdua memilih kelas 2 dengan iuran Rp 42.500/orang/bulan. Iuran harus dibayarkan paling lambat setiap tanggal 10 tiap bulan dengan cara debet rekening atau bayar di teller tapi bukan auto debet. Tiap peserta akan diberikan nomor virtual account.

Prosesnya sangat cepat. Kemudian kami diberikan formulir setoran untuk pembayaran iuran bulan pertama dan kami diminta untuk mengambil kartu BPJS pada jam 14:00 nanti. Kami ke teller yang untungnya tidak ada antrian. Akhir tahun orang-orang sudah pada liburan ya.

Bagi teman-teman yang ingin mendaftar BPJS, bisa lakukan di bank rekanan BPJS daripada ke kantornya langsung.

Meskipun saya sudah punya asuransi ACE Life unitlink tapi tetap merasa perlu asuransi tambahan. Plafon ACE Life maksimal adalah 100 juta/tahun dengan batasan jumlah hari menginap dan ditanggung sampai usia 75 tahun. Untuk beberapa penyakit 100 juta/tahun tentu tidak cukup. Beberapa hari yang lalu Om suami saya kena stroke. Dia pensiunan tentara dan punya BPJS. Semua ditanggung termasuk CT-scan, kamar, dokter, dll. Jadi terlepas dari berbagai keluhan, rasanya BPJS perlu dicoba.

Semoga penjelasan ini bisa membantu teman-teman.

Malang, 23 Desember 2014.

8 thoughts on “Pengalaman mendaftar BPJS di Bank Mandiri

  1. Boong nih.. saya sudah coba di bank mandiri tapi cs nya bilang tidak bisa mendaftar di bank mandiri

  2. Kalau ambil formulir pendaftaran harus di kantor bpjs nya kah? Atau mandiri juga menyediakan formulir?

  3. semisal pendaftaran bukan atas nama sendiri tp atas nama saudara bisa ga? atau pendaftaran lebih dr satu orang dlm satu rekening mandiri?

Leave a Reply

