Pengalaman-Saya

Jual Beli Online


Berawal dari pencarian rumah, aku semakin tergila-gila berbelanja online. Tidak ada hari dilewati tanpa melihat pembaruan barang yang dijual di 2 retail online utama yaitu berniaga.com dan olx.com. Apa saja aku cari: rumah, keyboard PC, meja laptop, baju, jaket, dompet, tas, tripod, laptop, dll. Terakhir aku sedang mencoba lazada.co.id.

Tidak semua aku beli tapi aku sangat terpacu untuk terus melihat kedua website di atas untuk mengetahui harga termurah dan barang yang bagus. Terakhir, aku membelikan ibu Blackberry di berniaga.com. Aku berkunjung ke Plasa Malang, pusat penjualan HP dan aksesoris. Dengan uang 500 ribu aku belum bisa membeli Blackberry GSM seken yang bagus. Di berniaga.com aku bisa mendapatkan dengan kisaran harga 400-450 ribu.

Aku lihat Plasa Malang juga tidak tidak terlalu ramai. Sekarang lebih baik berkomunikasi langsung antara penjual dengan pembeli. Harganya juga lebih murah dan tidak khawatir “dalaman” HP sudah diotak-atik. Nawarnya juga lebih enak. HP Blackberry yang aku beli kemarin ditawarkan online seharga 600 ribu kemudian aku tawar 450 ribu. Sepakat dengan harga, besoknya ketemu di suatu tempat untuk cek barang.

Kadang aku juga menemukan beberapa informasi khusus seperti angkutan travel, tempat pembuatan pin, grosir batik, percetakan buku, pengasuh lansia, charger motor, dll. Ada berbagai macam barang unik yang bisa didapatkan secara online. Kebiasaan mengamati penjual online juga membuatku lebih waspada dengan iklan-iklan yang mencurigakan. Kadang lokasi penjual berbeda dengan lokasi barang, model barang tidak sama dengan barang yang diiklankan, atau barang dijual dengan harga terlalu murah. Calon pembeli harus hati-hati dalam memilih.

Aku juga menggunakan jasa penjualan online untuk menjual barang-barang. Aku pernah dan sedang menjual wireless keyboard+mouse, jasa transkrip, laptop, adaptor laptop, dan tripod. Aku sekarang semakin rajin mencari-cari barang-barang apa yang jarang digunakan dan bisa dijual. Mungkin ada yang bernasib sama. Mari jualan.

Malang, 20 September 2014

2 thoughts on “Jual Beli Online

  1. aku sekarang suka beli-beli barang aneh-aneh di aliexpress.com 😀

    harga murah gila plus free shipping. cuma perlu sabar aja nunggu barang sampai 1-2 bulan.. :)))

Leave a Reply

