Pengalaman-Saya

Hargai Laptopmu!


Milik orang lain biasanya terlihat lebih bagus daripada milik sendiri. Itu terjadi denganku, terutama untuk barang elektronik, lebih spesifik lagi laptop.

Laptop Toshiba Portege R835 yang aku miliki ini sudah hampir berusia 3 tahun. Aku beli baru di Hitech mal Surabaya. Aku elus-elus sejak beli bahkan aku tempeli aksesoris lucu tapi masih saja terjadi kecelakaan. Setelah berusia setahun, laptop ini meluncur bebas ketika aku turun dari motor. Brak! Ujungnya penyok. Aku sedih dan kecewa. Barang kesayanganku penyok.

Setahun kemudian, laptopku turun mesin. Hardisknya tidak bisa memproses data, berbunyi tik, tik, tik, padahal ini bukan mesin ketik. Proses ganti hardisk menggunakan dana dari kantor karena aku menggunakan laptop ini untuk bekerja. Lalu ikut-ikutan DVD-RW drive juga tidak berfungsi. Aku harus ganti dengan biaya dari usahaku, TranscriptDOC.

Proses mengganti DVD-RW drive perlu bongkar mesin. Nah berhubung aku tidak melakukan di konter Toshiba langsung, hasilnya baut-baut Toshibaku tidak kembali seperti awal, bercampur dengan baut dari laptop merek lain. Kemudian keyboardku menganga sedikit, tidak bisa rapat. Nilai secara estetika sudah jauh berkurang. Aku pun mulai mencari-cari laptop lain, terutama yang seken.

Dari hasil pencarian ini, aku menyadari laptop dengan body penyok atau yang ada lekukan seksinya ada banyak. Lebih banyak lagi laptop yang dijual kualitasnya berada di bawah laptopku yang aku anggap secara estetika tidak bagus. Jadi meski keyboard dan salah satu ujung sedikit menganga, laptopku ini punya keyboard yang nyaman, touchpad yang cukup lega, lebar monitor 13,3 inch yang memadai, ringan yaitu 1,4 KG untuk body saja, dilengkapi DVD-RW drive, dan yang paling penting dari semuanya kehandalan baterai yang di memasuki usia 3 tahun, masih tahan 6 jam.

Lalu aku menimbang lagi fungsi utama laptop selain estetika adalah mudah dibawa alias ringan dan dapat dioperasikan dengan daya yang lama. Keduanya ada di laptopku ini. Jadi buat apa mencari yang lain? Optimalkan dulu laptop ini dan hargai keputusan sebelumnya yang memilih R835 sebagai mitra bekerja.

Malang, 24 Mei 2014

