Pengetahuan-Saya

Merangkai rasa


Sebelumnya saya tidak merasa menulis puisi itu pekerjaan yang sulit. Tidak mudah memang, tapi tidak sulit. Terutama ketika hati sedang bergejolak, perasaan sedang membuncah, keinginan tidak tercapai, kekecewaan memuncak, dsb. Namun, minggu lalu saya menyadari bahwa menulis puisi itu sulit, sangat sulit. Saat itu seorang kawan bertanya apakah saya masih menulis puisi. Saya terkejut karena ketika berusaha mengingat kapan terakhir kali menulis puisi dan menyadari bahwa sejak akhir 2009 saya sudah tidak pernah menulis puisi. Saya bertanya sendiri, “Kok bisa? Kenapa?”

Pertengahan 2009 ditandai dengan hubungan saya dengan pasangan yang semakin serius dan berakhir pada pernikahan di Februari 2010. Sejak itu sampai dengan sekarang, saya belum pernah menulis puisi lagi. Saya tidak bisa menulis puisi lagi. I am lacking of certain elements needed to make a poem. I am still looking for it, I am trying to find it.

Sepertinya saya kehilangan dorongan untuk menulis puisi. Wow! Apa yang terjadi?

Tentu ada perubahan posisi dan kondisi emosional setelah saya kawin, tetapi apakah perubahan itu yang menyebabkan saya tidak terdorong untuk menulis puisi lagi? Saya tidak ingin menyalahkan perkawinan tapi mempertanyakan diri sendiri, ada apa sebenarnya dengan rasa enggan menulis puisi? Apakah puisi menjadi tidak relevan lagi untuk menuliskan perasaan saya? Apakah kemudian saya menjadi lebih nyaman untuk menulis blog atau menuliskan status 140 karakter? Kenapa?

Kali ini menulis puisi menjadi sangat sulit. Ada begitu banyak pengalaman untuk ditulis tapi tidak ada dorongan, tidak ada hasrat, tidak ada greget. Saya terheran-heran sendiri. Apakah saya telah menjadi air tenang di pinggiran teluk? Terlindung oleh karang hidup dan menjadi tempat aman bagi beberapa makhluk pantai. Atau mungkin saya telah menjadi genangan air yang terbentuk setelah turun hujan?

Malang, 16 Desember 2012

Leave a Reply

