Pengetahuan-Saya

Hobi baru


Sekitar satu tahun terakhir saya mulai keranjingan menonton film. Walaupun kebanyakan masih film keluaran Amerika Serikat, tapi saya mulai mengapresiasi film drama dan aksi dari Korea, Swedia, dan Inggris. Awal mulanya pasangan saya yang kadang mengajak menonton di bioskop. Saya sangat jarang nonton film di bioskop atau di TV, berbeda dengan pasangan saya yang seringkali tidur lewat tengah malam karena keasyikan nonton film di TV.

Dari sana saya mulai menyukai film. Saya tetap tidak suka menonton film di TV. Saya lebih suka membeli DVD atau CD, meskipun itu tidak original. Hampir semua film koleksi saya non-ori. Ada sebagian film pendek yang saya unduh dari internet. Saya makin terdorong menonton film ketika sering ditawari menonton film koleksi seorang kawan bernama Maria Mustika. Dia punya banyak koleksi film, termasuk film klasik dan film yang jarang dijual.

Pelan-pelan saya mulai mengumpulkan film dengan membelinya di toko Flamboyan. Kemudian ketika ada acara di Surabaya dan menginap di Plaza Surabaya hotel, saya sempat jalan-jalan ke pusat perbelanjaan Delta. Di lantai 2 ada surga pecinta film. Hampir setiap kali ke Surabaya, saya akan mampir ke tempat itu. Beli 5 judul akan dapat gratis 1 dan berlaku kelipatannya. Biasanya saya membeli 10 judul dan dapat gratis 2. Serunya lagi, harga satu judulnya lebih murah daripada di Flamboyan. Kalo di Flamboyan 1 judul seharga 8 ribu maka di Delta harga 1 judul adalah 5 ribu. Apalagi dengan 1 bonus setiap beli 5 judul dan kelipatannya, nggak bakal rugi. Tentu yang namanya membeli barang non-ori ada risikonya. Namun dengan harga sekian ribu, masih layak untuk diperjuangkan.

Kemarin saya ke Surabaya dan tentu disempatkan main ke Delta. Saya kalap! Saya beli 15 + bonus 3 judul dan menghabiskan 90 ribu. Entah berapa lama saya bisa menonton semuanya. Salah satu yang saya sukai dari koleksi film yang dijual di Delta adalah koleksinya sangat beragam. Tidak melulu koleksi film box office, tapi ada banyak judul film low-budget atau non-studio besar, film kartun, film non AS, dan film-film jadul.

Ada begitu banyak film bagus baik dari segi cerita, kualitas peran, kekuatan aktor, penulisan skenario, dan penyutradaraan yang brilian. Saya suka film produksi negara-negara Skandinavia terutama Swedia. Saya juga suka beberapa film Iran, walaupun sejauh ini baru menonton 3-4 film. Saya suka sekali pada kesederhanaan pembuatan film dan kekuatan cara bertutur, sangat khas dan unik dibanding film Skandinavia atau Hollywood.

Ada juga 1-2 film Korea, Cina, dan India. Kayaknya saya perlu hunting film-film India dan Korea karena ada banyak yang bagus, tapi sepertinya perlu usaha lebih keras untuk memilih dan mendapatkan film dari kedua negara itu. Kalau dipikir-pikir, selain proses menonton, proses mencari film yang diinginkan juga sama menariknya.

Malang, 27 November 2012

Leave a Reply

