Pengetahuan-Saya

Membuat riak, mengguncang air yang tenang


Minggu lalu saya selesai melakukan serah terima dan training ke kawan yang menggantikan posisi saya di lembaga sebelumnya. Saya merasa lega. Walaupun masih ada kekurangan tapi saya merasa sudah memberikan informasi yang akan dia perlukan untuk melakukan pekerjaannya karena serah terima pekerjaan bukan hanya mentransfer dokumen yang ada di laptop tapi juga mentransfer informasi, kebiasaan, budaya dari lembaga tersebut. Kita selalu belajar dari pengalaman dan ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal mengenai lembaga dan karakter dari orang-orang kunci yang ada di belakangnya.

Saya juga merasa sangat bahagia karena kegiatan Komunitas Kajian Gender Malang (KOJIGEMA) sudah berjalan rutin setiap 2 minggu. Peserta yang datang kadang banyak kadang sedikit. Buat saya itu dinamika sebuah forum. Tema diskusi tetap dalam pakem kajian gender sesuai dengan namanya dengan memasukkan banyak tema spesifik seperti analisa kekuasaan, seksualitas, dan pembakuan gender.

Usia KOJIGEMA masih hitungan bulan sehingga akan ada banyak perubahan. Namun saya merasa sangat antusias dan senang dengan proses yang sudah berjalan dan cukup bangga karena telah menggulirkan sesuatu yang direspon positif dan memberi pengetahuan baru ke orang lain. Saya juga bersyukur karena mempunyai kawan-kawan baik sebagai tim yang sangat mendukung. Tanpa mereka, KOJIGEMA belum lahir.

Start from your small circle and make ripples. Kalau istilah Maria, mengobok-obok air yang tenang. Mari!

Malang, 4 Juni 2012

Leave a Reply

