Pengetahuan-Saya

Sebulan terakhir


Penyakit malas menulis dan memperbarui blog saya kumat. Beberapa hari terakhir saya mengurus bapak yang pingin sekali dioname di RSU Saiful Anwar. Dia penasaran ingin mengetahui apa penyakitnya. Dia menginap 2 malam dengan hasil akhir, kondisi fisik dan organ tubuhnya cukup sehat untuk orang seusianya. Di IGD disarankan untuk pulang tapi dia ingin diopname. Masuklah dia opname di paviliun menggunakan ASKES. Besoknya diperiksa dokter dan di-USG. Hasilnya? Baik-baik saja. Kami sekeluarga sih sudah bisa menebak.

Dokternya baik sekali dengan mengusulkan agar bapak membuat buku catatan harian merekam kegiatannya, gejala penyakit yang kambuh, jam berapa muncul, dan pada saat itu sedang memikirkan apa. Rasanya itu satu usulan yang paling baik saya dengar dari seorang dokter.

Pada saat yang sama kondisi saya juga jatuh. Saya demam, diare dan sakit kepala. Alhasil rencana ke Jogja batal karena saya khawatir memperlambat penyembuhan sementara tanggal 20 Mei harus ke Jakarta dan tiket sudah dibeli.

Alhamdulilah, pekerjaan saya sudah selesai. Sejak awal Mei, saya bergabung sebagai tim interviewer di IGAMA (Ikatan Gaya Arema) di Malang dengan tugas melakukan wawancara berdasarkan kuesioner ke 25 LSL (laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki). Tenggat waktu yang diberikan 2 minggu dan sebelum 2 minggu, saya sudah selesaikan 26 orang. Saya kebut benar proses wawancara agar secepatnya selesai. Saya koordinasi terus dengan petugas lapangan IGAMA. Ada beberapa data yang kurang lengkap dan kemarin sudah saya selesaikan. Leganya! Ini soal tanggung jawab dengan mempertahankan kualitas hasil kerja.

Beberapa kali saya menunggu informan di base-camp mereka dan nongkrong di alun-alun kota Malang untuk bertemu komunitas dampingan IGAMA. Menyenangkan!

Saya merasa ada perubahan sejak berhenti dari pekerjaan yang lama. Sekarang kalau buka internet, sebatas download email di idmail.or.id, buka email di yahoo 2x sehari, buka facebook 1-2 kali sehari selama maksimal 1 jam, baca berita via twitter dan jika ada yang menarik saya buka tautannya. Saya merasa lebih seimbang dengan cara ini. Hobi install ulang ubuntu terbaru, otak-atik tampilan, download font, dll masih terus dilakukan.

Kemudian Komunitas Kajian Gender Malang alias KOJIGEMA juga masih jalan. Tanggal 14-15 Mei yang lalu saya dan kawan-kawan melakukan kampanye keliling kampus Universitas Brawijaya dengan membawa flyer, artikel dan poster seputar IDAHOT (International Day Against Homophobia and Transphobia). Dua kawan juga melakukan penggalangan dana di alun-alun kota Malang. Saya salut dengan semangat mereka. Alhamdulilah kita mendapat 270 ribu dari penggalangan dana dan sepertinya akan bertambah. Sebagian dana kami gunakan untuk membeli materi kampanye dan sebagian lagi akan kami berikan ke IGAMA.

Informasi lainnya yang terjadi dalam sebulan terakhir adalah mengenai penghentian peluncuran buku Irshad Manji secara paksa dan pelarangan konser Lady Gaga. Keduanya dilakukan atau disponsori oleh FPI dan Majelis Mujadhidin Indonesia serta didukung oleh ormas dan lembaga keagamaan Islam lain. Membaca berita seputar kekerasan dan pelarangan kedua tokoh publik itu cukup melelahkan secara emosional. Sepertinya harus saya tulis dalam edisi yang berbeda.

Malang, 18 Mei 2012

Leave a Reply

