Pengetahuan-Saya

Peran PKK sebagai agen informasi Jampersal


Minggu lalu saya mendapat keponakan baru bernama Dyah. Dia lahir dengan bantuan bidan di klinik yang menerima layanan jampersal sehingga orang tua tidak perlu memikirkan biaya persalinan. Sebelumnya pada akhir Maret adik ipar juga melahirkan bayi perempuan yang diberi nama Fatimah melalui operasi caesar di Rumah Sakit Umum Saiful Anwar Malang. Dia juga tidak perlu bingung memikirkan biaya karena jampersal juga menanggung persalinan dengan operasi. Sejak awal adik ipar saya memang tidak diperbolehkan dokter untuk melahirkan normal dengan salah satu alasan matanya minus 13. Jika dipaksa akan memengaruhi kondisi kesehatan ibu. Jika kondisi ibu tidak prima maka bisa berpengaruh ke bayi. 

Mereka berdua sudah terdaftar sebagai peserta jampersal sejak usia kandungan 4-5 bulan oleh kader PKK di kelurahan Klojen yang aktif melakukan pertemuan dan pendataan ibu hamil. Mereka diberikan buku saku tentang jampersal dan persyaratan yang diperlukan untuk dipersiapkan. Untuk kasus adik ipar, walau pemeriksaan selama kehamilan dilakukan di bidan atau klinik tapi proses melahirkan dapat dilakukan di RSU. Sangat menguntungkan karena keluarga kami tinggal di belakang RSU sehingga sangat dekat dan mudah diakses.

Jampersal sangat membantu kedua keluarga muda itu karena selain membebaskan biaya melahirkan juga digabung dengan pelayanan kontrasepsi atau KB. Bayangkan jika adik ipar saya harus membayar biaya operasi caesar dan menginap selama 4 hari di RSU! Pasti biayanya besar. Jampersal memang tidak mewah karena pasien akan ditempatkan di ruang bersalin bersama dengan 7 pasien lain dalam satu ruangan. Tapi saya rasa memadai dan sangat membantu keluarga tidak mampu.

Saya ingat di tahun 2005, seorang kawan perempuan memerlukan layanan KB yang aman dan sesuai dengan kebutuhan karena ketika lewat dari 6 bulan dia tidak lagi memberi ASI eksklusif dan khawatir dengan kemungkinan hamil. Sementara bayinya masih kecil dan suami tidak mau memakai kondom. Oleh karena itu, layanan kontrasepsi bagi pasien yang baru melahirkan sangat diperlukan. Walau saya sendiri tidak setuju jika pembatasan kelahiran dibebankan hanya pada perempuan tapi ini jalan yang sementara bisa diambil.

Kasus ini berbeda dari sepupu saya dan istrinya. Mereka tinggal di Desa Waung, Kecamatan Krembung, Kab. Sidoarjo. Kelompok PKK di tempat tinggal mereka tidak aktif dan kemungkinan tidak ada pendataan ibu hamil. Keduanya dari keluarga tidak mampu dan jampersal akan sangat membantu keuangan mereka. Namun, karena ketidaktahuan mereka dan saya juga menganggap PKK di desa dan kecamatan telah menjangkau mereka maka saya tidak membagi informasi tersebut. Saya hanya menyampaikannya ke ibu saya yang kadang menyambangi desa kelahirannya tersebut.

Beberapa hari lalu ibu saya menelepon dan mengatakan bahwa sepupu saya membayar persalinan sendiri dengan berhutang ke bulek. Ibu saya yang pernah mendengar tentang jampersal langsung menghubungi saya dan mempertanyakan kenapa saya tidak memberi informasi tentang jampersal ke sepupu saya. Wah, saya tidak tahu sepupu belum mengetahui informasi yang sangat penting itu.

Saya belajar pentingnya keaktifan kader PKK sebagai agen informasi jampersal dan program pemerintah lain. Pemerintah sendiri tidak punya kader yang bisa sampai ke bawah kalau bukan PKK yang secara sukarela menjadi juru penerang. Saya rasa Kominfo sendiri tidak dapat melakukan apa yang dilakukan kader PKK. 

Dalam beberapa kepala berita di surat kabar Malang dan Batu akhir tahun 2011 saya membaca bahwa masih sedikit sekali ibu yang menggunakan jampersal. Padahal dana itu sudah tersedia. Walaupun dikatakan masih sedikit tapi itu adalah hak dari perempuan dan keluarga mereka. Informasi sekecil apapun akan sangat membantu keluarga untuk mencapai kondisi kesehatan yang ideal. 

Malang, 17 April 2012.

Leave a Reply

