Pengetahuan-Saya

Membaca cita-cita


Senangnya bisa melanjutkan korespondensi melalui surat dengan Devi. Kami bersurat-suratan melalui pos dan ada yang berbeda ketika menerima dan membaca surat seorang sahabat. Meskipun saya lebih senang mengetik surat dan mengprintnya, saya masih merasakan perbedaan jika mengirim via email. Entah kenapa.

Saya senang dengan pekerjaan ini. Saya mendapatkan banyak pengalaman dan kawan-kawan baru. Pekerjaan ini memang sangat teknis sekretariat dan sepertinya seorang dengan pendidikan sekretaris lebih cocok melakukannya. Saya rasa setiap orang, tidak memandang tinggi rendah pendidikan, menginginkan ruang untuk mengembangkan kapasitas diri dan berguna bagi orang lain. Caranya sangat mungkin berbeda-beda. Saya memiliki keinginan yang sama.

Pekerjaan yang sekarang memberi penghasilan bulanan yang baik. Ke depan mungkin akan jauh lebih baik. Namun, saya merasa ini bukan jenis pekerjaan dan bukan dunia yang saya cita-citakan. Saya tidak menganggapnya pekerjaan mudah. Berkomunikasi lintas bahasa dan budaya, melakukan koordinasi secara virtual, memesan tiket, membuat budget, mempersiapkan workshop jelas bukan hal yang mudah. Tapi apakah ini yang saya cita-citakan? Sampai berapa lama saya ingin melakukannya? Kapan saya dapat menggunakan kapasitas dan kemampuan yang sudah didapat untuk mengembangkan cita-cita awal saya?

Sejarah saya berawal dari kesenangan terhadap bacaan dan mempertanyakan apa yang saya baca. Secara teknis kemampuan saya adalah mengelola informasi dan pengetahuan dari bentuk sederhana berupa pengklasifikasian sampai mengemas ulang konten. Memang itu masih belum berbentuk dunia, masih tahap pendinginan dan pemampatan materi-materi. Masa-masa ledakan dan tubrukan rasanya sudah lewat. I always ask myself, what’s next?

Mungkin sebenarnya saya sudah memiliki jawaban tapi belum cukup berani melakukannya atau masih belum dapat meyakinkan orang lain yang akan saya ajak kerjasama. Tetap saja perlu dimulai. Rasanya sangat tidak perlu menunggu sampai masa kontrak kerja purna waktu saya selesai untuk memulai. Sebaiknya memulai dari hari ini, dengan tulisan ini, dengan keyakinan ini, dengan keikhlasan ini.

Malang, 12 Januari 2012

Leave a Reply

