Pengetahuan-Saya

Pencarian alternatif pembayaran tanpa kartu kredit


Dalam beberapa hari ini saya melakukan pemesanan tiket untuk kegiatan lembaga. Bantuan tersebut diperlukan untuk dapat mendapatkan beberapa alternatif perjalanan sebelum memutuskan satu yang sesuai. Hampir selesai tapi saya tidak puas dengan penawaran yang diberikan lalu coba mencari lagi sendiri. Saya mendapatkan jadwal dan harga tiket yang cukup baik melalui internet. Namun pemesanan via internet hanya dapat dilakukan dengan bantuan kartu kredit atau langsung menghubungi maskapai masing-masing maskapai.

Saya sering mengalami pengalaman seperti itu dan membuat saya bertanya-tanya, mengapa kartu kredit? Apa alternatif pembayaran online lainnya yang lebih murah dan terjangkau? Karena kartu kredit adalah kredit tanpa agunan yang bunganya pasti lebih tinggi dari bunga pinjaman dengan agunan.

Saya coba cari di google dan ternyata ada beberapa perusahaan yang membuat skema pembayaran alternatif baik yang sama-sama berbasis kredit atau non kredit. Misalnya paybycash.com, ebillme.com, dll. Ada juga tulisan yang membahas mengenai masa depan penggunaan kartu kredit yang saya dapatkan di http://www.inc.com/articles/2000/04/18526.html, http://www.practicalecommerce.com/articles/1126-Alternative-Payment-Methods-Part-1-What-Are-They-How-Do-They-Work dan http://mashable.com/2011/03/02/credit-card-decline/. Sebagai orang yang tidak merasa memerlukan kartu kredit dan tidak memilikinya, informasi ini sangat melegakan bahkan bisa menjadi ladang bisnis baru. Memang perlu waktu cukup lama agar pihak merchants mau menerima dan bekerjasama.

Belum lagi resiko kartu kredit yang dijebol oleh pihak-pihak yang jauh lebih canggih dan punya keinginan kuat untuk mengambil sedikit bagian uang kita. Selalu ada resiko dan kita dapat mempertimbangkan dan membandingkan jasa satu dengan lainnya.

Saya juga tahu bahwa mereka yang mempunyai kartu kredit belum tentu mampu membayar cicilan kredit. Kartu ATM yang merangkap kartu debit bagi saya sudah lebih dari cukup tapi memang perlu ada nilai tambah lain dalam kartu tersebut atau memaksimalkan fungsi yang sekarang sudah ada ke jaringan yang lebih luas. Masih harus mencari model lain atau bahkan mengkombinasikan beberapa model.

Malang, 11 Januari 2012

Leave a Reply

