Pengetahuan-Saya

Membaca dan berencana


Kangen sekali menulis dan memperbarui blog saya tercinta. Beberapa hari belakangan saya baru selesai membaca dua dari tetralogi buku Pramoedya. Entah kenapa baru sekarang terdorong untuk membaca buku Pram. Cukup terkejut karena dia memilih setting di Tulangan, Sidoarjo yang sangat dekat dari desa kedua orang tua saya dan saya sendiri kadang melewati daerah itu. Setelah membaca dua buku Pram, saya merasa yakin kalau bapak akan menyukainya. Dugaan saya tidak meleset.

Bapak masih terkagum-kagum dengan kemampuan imajinasi dan gaya penulisan Pram. Dia tidak habis pikir bagaimana Pram bisa menulis dengan cukup detail dari pengasingan. Kalau baca karya Pram memang pembaca bisa melihat kekuatan dan kemampuan membingkai realitas dalam imajinasi penulis.

Saat ini saya rehat dari membaca Pram dan menyelesaikan buku “To Kill a Mockingbird”, terjemahan dalam bahasa Indonesia. Saya tertarik karena dulu, mungkin saat di bangku kuliah, saya pernah mendengar judul buku ini. Judulnya menarik dan saya membaca sedikit ringkasan di internet. Sudah separuh buku saya baca dan memang bagus. Tidak saja mengenai keberagaman, konflik, perbedaan ras dan kelas tapi juga mengenai pendidikan dan mitos dalam masyarakat.

Hal lain yang berhasil saya lakukan minggu ini adalah tes TOEFL prediction di IDP. Alhamdulillah skor saya sangat baik, menunjukkan ada kenaikan dari skor sebelumnya. Great as a start.

Akhir tahun akan sibuk seperti biasa. Saya akan menghadapinya dengan biasa juga dan yakin bisa mengatasi semuanya. Dua bulan lagi menjelang 2012 dan saya ingin memulai proses transisi di tempat kerja sekarang pada awal tahun, for bad or worse, it must be started. It will be tough karena perubahan tidak dapat menyenangkan semua pihak, apalagi kalau dianggap perubahan yang tidak baik. I have my own business to run and some wild plan to go ahead. Well, it’s not really wild, in fact it is very common, close to unattractive, and small wage. But I always amaze at my own ability to survive, fight and get the best out of my imaginative thinking. I remember one woman said, “you are the one who the define your clothes, not the other way around.”

Malang, 30 Oktober 2011

Leave a Reply

