Pengetahuan-Saya

Spiritual


Memasuki bulan Ramadhan, ada perasaan senang dan sedih. Senang karena selalu ada suasana dan ruh berbeda pada bulan ini sekaligus ada ritual puasa dan tarawih yang memberi kesan berbeda dari bulan-bulan lain. Ada perasaan sedih karena menjelang puasa dan hari raya akan diikuti dengan kenaikan berbagai harga bahan makanan, pakaian,dll sehingga inflasi juga naik. Lalu berdampak pada perekonomian nasional sehingga mungkin tanpa disadari momen ini secara tidak langsung tidak dapat dinikmati oleh sebagian umat Islam dan umat lainnya. Bulan Ramadhan menjadi bulan untuk penuh kesempatan untuk menaikkan berbagai harga dan mendapatkan untung yang besar.

Pada minggu kedua puasa, saya harus ke Jakarta untuk melakukan suatu pekerjaan. Kondisi yang tidak menyenangkan karena saya ingin berada di Malang-Pandaan selama bulan ini.

Belakangan ini saya tidak lagi penuh sholat lima waktu dalam satu hari. Saya tidak lagi menganggapnya perlu untuk itu. Sama halnya dengan menggunakan jilbab. Mungkin ini fase lain dari hidup saya. Sholat isya adalah yang tersulit karena jam 8 malam biasanya saya sudah tidur. Saya merasa tidak terdorong untuk sholat isya. Saya juga merasa sholat di waktu lain semakin hambar, kecuali subuh. Entah kenapa.

Saya menyukai perjalanan spiritualitas ini. Saya senang menjalaninya. Saya senang berada dalam kondisi dapat mempertanyakan dan kritis terhadap ibadah dengan Tuhan yang saya lakukan. Saya punya ekspetasi besar terhadap ibadah, saya ingin menjangkau spiritualitas yang belum saya dapatkan dari ritual ibadah “wajib”.

Malang, 29 Juli 2011

Leave a Reply

