Pengetahuan-Saya

Meneliti dan Memetakan Konteks


Lama sekali saya tidak memperbarui blog ini. Beberapa waktu lalu saya mulai bekerja untuk 2 lembaga. Prioritas tetap di lembaga pertama tapi pekerjaan di lembaga itu sangat terbatas di belakang komputer, tidak ada interaksi dengan orang karena saya bekerja dari rumah. Lama-lama saya bosan dan pada saat yang sama ada tawaran untuk terlibat dalam tim penelitian. Saya senang sekali berada dalam tim ini dan melakukan pekerjaan penelitian, memetakan isu, mendengarkan cerita orang, dan nantinya menganalisis cerita mereka.

Tahap dalam penelitian menyita banyak waktu, mulai dari mengurus perizinan, membuat janji, mondar-mandir melakukan wawancara, mengirimkan file untuk ditranskrip, membuat padatan faktual, menganalisis dan menulis. Saya baru pada tahap membuat padatan faktual, untuk wawancara tinggal 1 orang lagi di Dinas Kesehatan Malang.

Proses penelitian ini banyak memberi hal baru dan saya belajar banyak, terutama karena saya sekaligus dapat memetakan sebagian isu dan perspektif gender dari masyarakat Malang sehingga menjadi pengenalan yang sangat penting terhadap konteks tempat tinggal saya yang baru.

Tempat tinggal saya cukup strategis sehingga memudahkan proses penelitian di tempat ini. Saya juga mulai berkenalan dengan anggota Kluwek yang ada di Malang. Kami berencana melakukan kegiatan bulan Juni. Semoga lancar.

Saat ini saya sedang mencari sanggar senam sekitar rumah. Sepertinya tidak ada jadi harus naik kendaraan. Selama lebih dari dua bulan di Malang, saya benar-benar stress-free dari kemacetan dan perjalanan panjang dari dan menuju rumah. Terasa sekali.

Ada satu keinginan yang belum kesampaian sejak pindah di Malang. Saya belum sempat mengunjungi Mbak Dian di Probolinggo. Saya ingin mengajak laki saya ke sana. Saya harus ke Probolinggo. It’s a must. It’s the milestone for my present position.

Malang, 15 Mei 2011

Leave a Reply

