Pengalaman-Saya

Sound/suara Microphone Asus Dapat Keluar di Ubuntu 10.10


Pekerjaan saya memerlukan kontak/call chat dengan rekan kerja di tempat lain. Oleh karena itu, saya memerlukan dukungan video dan call chat dari Skype. Pada Ubuntu 10.04 saya belum tahu cara mengaktifkan sound/suara dari mic. Dulu saya dapat mendengar orang bicara tapi mereka tidak dapat mendengar saya, alias ada masalah dengan software pendukung microphone. Setidaknya itu analisis saya. Sebagai catatan saya menggunakan netbook Asus 1005HA.

Setelah upgrade ke Ubuntu 10.10, saya coba lagi. Kali ini berhasil dan caranya sederhana.

Buka Menu > System > Preferences >  Sound. Atau klik kanan pada ikon speaker di panel kanan bawah dan pilih “Sound preferences”.

Pilih tab Output seperti gambar di bawah. Pada bagian “Balance” geser penunjuk ke tulisan “Left”/kiri.

Output

Cukup itu saja. Kemudian pindah ke tab Input.

Input

Jika pada bagian “input level” indikatornya berjalan ke kiri dan kanan maka dapat dipastikan microphone sudah berfungsi dan digunakan. Silakan dicoba menggunakan skype atau alat perekam seperti audacity.

Pada ikon skype > klik kanan > options > Sound devices > uncheck/hilangkan centang pada bagian “Allow skype to automatically adjust mixer level”. Nah cobain deh. Semoga berhasil.

Pandaan, 13 Maret 2011

Leave a Reply

