Pengetahuan-Saya

Asuransi Rawat Jalan


Hari ini (9/3) saya berada di RSU Bangil, Pasuruan. Orang tua sedang berobat jalan ke tempat ini. Lokasi RSU ini paling dekat dengan rumah kami di Batumas, Pandaan. Sekitar setengah jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Kami berangkat dari rumah jam 6.

Ibu ingin check up sementara bapak kontrol ke poli penyakit dalam. Kami tidak menunggu terlalu lama. Ibu ke ruang ASKES untuk mendaftar kemudian menunggu dipanggil. Jam 7.15 petugas berdatangan tapi kalau urusan dokter, mereka datang belakangan. Kami para pasien bertumpuk menunggu. Hampir semua pasien berusia di atas 50 tahun.

Saya jadi berpikir bahwa asuransi kesehatan pasti baru sangat dirasakan manfaatnya ketika seseorang sudah berusia di atas 40 tahun. Masalahnya di LSM atau suatu lembaga kebanyakan memberi fasilitas asuransi jiwa dan rawat inap, jarang disediakan fasilitas kesehatan rawat jalan. Padahal asuransi rawat jalan penting untuk kontrol kesehatan. Kedua orang tua memiliki ASKES yang sampai sekarang dapat digunakan di RSU. Ketika kemarin saya tanyakan mengenai cara menjadi anggota, Pelayan Pelanggan di RSU Bangil mengatakan di Inhealth minimal suatu organisasi memiliki 150 anggota atau karyawan.

Saat ini saya bisa berobat ke puskesmas atau klinik 24 jam yang biayanya lumayan terjangkau dan pelayanannya, termasuk obatnya pun masih bagus. Tapi untuk penanganan yang memerlukan keahlian dokter spesialis, saya memerlukan akses ke RSU berdasar rujukan dari puskesmas. Untuk penanganan di RSU, saya memerlukan asuransi atau dianggap sebagai pasien swasta. Saya sendiri belum tahu biaya untuk pasien swasta di RSU. Saya perlu mencari tahu informasi itu supaya dapat mempersiapkan diri.

Pandaan, 11 Maret 2011

Leave a Reply

