Pengalaman-Saya

Hotel murah meriah di Malang


Beberapa hari yang lalu adik ipar menikah di Malang. Akad nikah dilakukan di rumah di Jl. Surapati, Klojen. Berhubung banyak keluarga dari pihak suami yang datang, saya dan pasangan menginap semalam di hotel. Awalnya ingin memilih Hotel Helios yang gedungnya cukup bagus dan sedang direnovasi. Saya sudah mencari informasi harga Hotel Helios di website mereka dan yang termurah adalah Rp 140.000/malam.

Waktu saya jalan pagi hari ke arah stasiun Malang Kota, saya melewati Hotel Menara yang hanya beberapa meter dari rumah mertua. Saya mampir sebentar untuk tanya-tanya harga dan fasilitas. Rupanya kamar standard (satu tempat tidur besar) harganya Rp 85.000/malam dengan kamar mandi di dalam dan mendapat makan pagi tapi tidak ada air panas. Wah, saya pikir lebih murah dari Helios. Akhirnya saya langsung booking dan memberi uang muka. Untuk kamar dengan fasilitas air panas dan TV harganya Rp 120.000/malam.

Besoknya setelah check-in di Hotel Menara, saya datang ke Helios untuk tanya harga. Rupanya mereka juga punya 4 kamar standard Rp 85.000/malam dengan kamar mandi di luar dan tanpa makan pagi. Tapi pada hari Jumat sampai Minggu, dapat dipastikan hotel-hotel di sekitar Malang, termasuk Helios penuh. Seorang tamu bahkan pusing karena sudah mencoba menelepon beberapa hotel tapi tidak ada kamar. Termasuk Hotel Menara yang sederhana itu pun penuh.

Kakak ipar saya yang mengundang keluarganya dari Cilacap akhirnya booking hotel Setia Budi yang lebih jauh dari rumah. Harga per kamarnya Rp 100.000/malam tapi saya tidak tahu fasilitasnya apa saja. Pokoknya jangan takut kalau datang ke Malang dengan budget terbatas. Asal tahu mana yang murah pasti bisa berhemat.

Pandaan, 10 Maret 2011

Leave a Reply

