Pengetahuan-Saya

Pengalaman install Ubuntu 10.10


Setelah beberapa lama menggunakan Ubuntu 10.04 (lucid lynx), akhirnya saya putuskan untuk fresh install Ubuntu 10.10. Saya menggunakan versi remix/netbook edition. Keputusan install ini karena lucid perlu waktu lama untuk booting. Bahkan setelah saya coba re-profiling juga tetap lama. Ya tentu masih lebih lama MS-windows.

Setelah selesai install maverick di asus 1005HA, saya dikejutkan dengan tampilan Unity alias global menu. Bingung dan langsung merasa tidak nyaman. Belum lagi setiap mau install aplikasi baru langsung nge-hang. Akhirnya install ubuntu-desktop dan remove ubuntu-netbook supaya bisa booting langsung ke ubuntu-desktop.

Seperti biasa, selesai menginstall sistem operasi saya harus install beberapa aplikasi tambahan dengan bantuan speedy ala Pandaan, Pasuruan. Beberapa aplikasi yang saya install: Openoffice database, freemind, skype, stardict, artha, gimp, thunderbird, chromium, drivel, VLC, unetbootin, dan xournal. Alhamdulilah, netbook dapat digunakan dengan sukses kembali dengan kecepatan yang memuaskan.

Pandaan, 25 Februari 2011.

Leave a Reply

