Pengetahuan-Saya

TranscriptDOC launch!


Sejak lama saya menyukai kegiatan membuat notulensi atau transkrip pertemuan. Saya juga menyukai bidang penerjemahan Indonesia-Inggris vv. Tidak sekedar suka melainkan saya yakin dan memiliki pengalaman untuk melakukannya. Ketika berniat untuk pindah ke Malang, sempat berpikir wirausaha apa yang ingin saya lakukan. Sempat ingin berjualan suvenir yang mungkin modalnya tidak terlalu banyak. Namun setelah berpikir lagi, saya tidak ingin keterampilan yang saya miliki tidak terpakai ketika mencoba suatu hal baru. Akhirnya muncul ide untuk menjual keterampilan membuat transkrip, membuat notula, dan menerjemahkan dokumen.

Saya kemudian mulai mencari informasi di internet sebagai bahan perbandingan dan rujukan untuk membuat website. Setelah sudah ada bahan, saya kemudian memesan web hosting dan domain ke teman suami sebesar 25MB. Tidak banyak karena saya pikir konten lebih banyak teks dan tidak perlu berbagai macam plugin.

Website dan domain saya aktif pada tanggal 20 Desember 2010. Saya langsung install wordpress melalui fantastico. Sempat bingung bagaimana cara mengunggah artikel. Saya harus belajar banyak hal termasuk mencoba berbagai tema dan plugin yang saya inginkan. Kemudian mulai memoles beberapa isi halaman dan mengedit css style supaya tampilan menjadi lebih apik, sederhana, dan mudah dirambah. Kemudian mulai mendaftarkan website itu ke berbagai search engine.

Tanggal 24 Desember, website itu sudah kelar tapi belum 100% sesuai keinginan. Setelah dipoles sana-sini, alhasil tanggal 25 Desember 2010 website itu sudah mendekati keinginan. Yang saya maksud dengan keinginan tidak hanya tampilan yang sederhana dan manis tetapi juga tampilan yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang diperlukan. Saya juga perlu menulis beberapa artikel seputar dunia transkripsi, notulasi, dan penerjemahan baik di dalam dan luar negeri.

Hasil tersebut dapat diakses di http://transcriptdoc.web.id. TranscripDOC adalah nama usaha yang saya pilih setelah membaca beberapa referensi. Silakan berkunjung.

Leave a Reply

