Pengetahuan-Saya

Membingkai dan Merangkai Foto


Acara konferensi telah selesai. Sangat melegakan. Semoga angkatan selanjutnya dapat menjadi panitia untuk acara-acara sejenis ke depan. Hahaha…ketahuan nggak mau jadi panitia lagi. Ya paling tidak kalaupun diminta jadi panitia, lebih baik menjadi relawan sebulan sebelum hari H.

Sekarang bergulat dengan berbagai laporan kegiatan. Salah satunya yang paling menarik adalah memilih dan mencetak foto. Tahap selanjutnya, setelah foto tersedia, merangkai foto-foto itu sampai kelihatan makna dan benang merahnya. Pasti ada benang merahnya karena semua foto itu punya saya dan tentang sejarah saya.

Koleksi foto itu menjadi alat bertutur mengenai bagaimana saya. Sengaja saya tidak membeli album foto yang banyak dijual dan memilih membeli buku tulis dan buku sketsa untuk menyimpan dan “membingkai” foto-foto tersebut. Ada perasaan senang, bergairah, dan sedikit mundur ke belakang saat menempelkan foto-foto itu satu persatu.

Berhubung koleksi foto masih banyak, saya berencana membeli satu buku tulis lagi. Bersemangat membingkai sejarah hidup.

Jakarta, 10 Desember 2010

Leave a Reply

