Pengetahuan-Saya

Hati-hati penipuan menggunakan SMS


Pada tanggal 10 Agustus 2010, saya mendapat sms dari nomor 087840331843 sebanyak 4 kali dengan pesan yang sama:

“belikan dulu mama pulsa As 50rb di nomor baru mama, ini nomornya 085213797869 cepat ya slx ibu ad mslh penting dari mama, skrg”

Saya yakin sekali itu tipuan karena ibu saya tidak memakai nomor itu dan jelas dia bukan seorang alay, dilihat dari singkatan yang dipakai. Saya pun mengirim laporan ke customer service XL via email. Berikut ini jawaban dari XL.
———–

Ibu Niken Yth.,

Terima kasih telah menggunakan nomor XL 0818845250.

Sehubungan dengan pertanyaan Ibu, dapat kami sampaikan bahwa perihal SMS dari nomor 087840331843 yang mengabarkan bahwa Ibu memenangkan hadiah dari XL adalah tidak benar. Syukurlah Ibu telah bertindak hati-hati dengan tidak terpancing untuk mengikuti petunjuk yang diberikan si pengirim telepon. Akhir-akhir ini memang sering terjadi beberapa kasus penipuan berkedok pemenang hadiah yang selain mengatasnamakan XL juga institusi-institusi lain dan/atau kerjasama antara keduanya. Sebagai informasi informasi perihal percoabaan penipuan melalui SMS tersebut saat ini kami telah meneruskan ke bagian terkait agar di tndak lanjuti.

Untuk itu, kami pun telah menghimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna kartu XL agar berhati-hati terhadap penipuan berkedok undian berhadiah semacam ini . Salah satu langkah yang telah kami tempuh untuk mengantisipasi pelanggan agar tidak terpengaruh pada penipuan tersebut dengan mengirimkan SMS broadcast himbauan yang isinya :

Pelanggan YTH, mohon hati-hati pada SMS/telpon Penipuan yg mengatasnamakan XL & menjanjikan hadiah.Silakan hubungi 817 untuk memastikan kebenaran informasi tsb

Yang perlu diperhatikan adalah, jika Ibu memenangkan undian yang dilaksanakan oleh XL kami tidak akan menginformasikan hal tersebut melalui SMS akan tetapi kami akan menghubungi ponsel Ibu secara langsung untuk mengkonfirmasikan hadiah yang didapat, dan cara pemberian hadiah dapat kami kirimkan langsung ke alamat Ibu atau diambil di XL Center terdekat tanpa biaya pajak undian, karena biaya pajak akan ditanggung oleh XL. Tidak ada nomor konfirmasi lain selain nomor 817 atau 021 57959817. Selain itu, untuk program promo atau undian yang diselenggarakan oleh XL bisa Ibu dapatkan informasi melalui website XL dengan alamat http://www.xl.co.id

Perlu kami sampaikan bahwa penggunaan ponsel dan semua fasilitasnya adalah tanggung jawab masing-masing pengguna nomor. Apabila Ibu menerima panggilan/SMS yang merugikan serta meresahkan ataupun mengarah pada tindakan kriminal atau penipuan dari nomor XL tertentu atau nomor manapun dan apabila Ibu merasa terganggu dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Ibu untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib atau pihak kepolisian dan untuk selanjutnya pihak kepolisian yang akan menindaklanjutinya kepada XL.

Bila ada hal lain yang ingin Ibu tanyakan, mohon agar Ibu jangan segan-segan menghubungi kami di customerservice@xl.co.id atau silahkan mengunjungi XL Center terdekat. Ibu dapat juga menghubungi 817 dari ponsel XL (untuk pelanggan prabayar Rp 350,-/panggilan) atau 021 57959817 dari telepon lainnya. Untuk informasi umum, Ibu dapat menghubungi 818 dari ponsel XL (bebas biaya) atau 021 57959818 dari telepon lainnya.

Demikian informasi kami. Atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Update
Hari ini saya mendapat SMS dari nomor +6285213048097 yang bunyinya hampir sama dengan pesan di atas:

“beliin dulu Mama pulsa simpati 20rb di nomor barunya mama ini 081284104589 cepat sekarang penting”

Jangan dipercaya! Abaikan pesan itu dan lanjutkan hidup anda. Biar dia beli pulsa sendiri. Enak aja minta-minta gratis, pakai cara menipu segala.

Jakarta, 17 Agustus 2010

Advertisements

2 thoughts on “Hati-hati penipuan menggunakan SMS

  1. Barusan (15 Agustus 2010 pk 11.13 WIB) aku juga dapet sms dari nomer 087842541014 yang isinya : “Kirimkan dulu mama pulsa 20ribu.di nomor simpati.nya ini nomor baru.nya mama 081343596246 kirim penting sekarang”

    Waaah.. ini pasti bohongnya (atau salah kirim yang disengaja), lha wong aku nggak pernah panggil mama

  2. Betul, hati-hati aja kalau kita menerima email, pesan chatting, facebook atau sms dari nomor yang tidak terdaftar dalam phonebook dan meminta transfer uang, pulsa, atau bahkan barang. Tidak perlu dituruti karena kalau dia orang dekat, dia pasti akan telepon bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s