Pengetahuan-Saya

Quorum sensing yang mengganggu


Sebagai istilah, saya bisa mencari definisi dari “quorum sensing” di internet. Namun saya ingin mengetahui quorum sensing secara lebih utuh. Ada sesuatu yang mengganggu mengenai quorum sensing, suatu istilah yang pertama kali saya baca dari posting Kang Didi di facebook. Dalam ilmu kompleksitas ada istilah self organizing ketika terjadi chaos. Dalam dunia yang layaknya tubuh, satu sama lain saling memengaruhi, maka banyak keterhubungan yang perlu didalami.

Sensing sendiri istilah yang mengganggu karena sebagai kata sifat, dia sering diidentikan secara negatif dengan kelemahan karakter perempuan. Asosiasi seperti itu hanya menunjukkan kuatnya pengaruh stereotipe gender dalam sains. Perbedaan ada bukan untuk dipisahkan dan dibenturkan. Quorum sensing bagi saya adalah bagian dari memaknai perbedaan, kekacauan, kelemahan, kekuatan, dan kesempatan.

Jakarta, 18 Juli 2010

Leave a Reply

