Pengetahuan-Saya

Latihan menggunakan mail merge di openoffice


Sejak kemarin saya sedang berlatih melakukan fasilitas mail merge yang ada di openoffice. Saya belum pernah mencobanya di MS Word tapi saya tahu manfaatnya. Masalahnya adalah kalau sejak awal lembaga kita tidak memiliki database atau pangkalan data dalam bentuk Openoffice-Base maka melakukan mail merge justru memperlambat pekerjaan. Menjadi penting untuk merencanakan sistem informasi lembaga di awal.

Kalau kemarin gagal maka hari ini saya lumayan berhasil. Itu pun karena saya baru sadar bahwa saya harus membuat data yang ingin dimasukkan dalam surat atau e-mail ke Openoffice-Base karena biasanya saya menyimpannya di Calc atau spreadsheet sehingga tidak bisa dibaca oleh mail merge wizard. Saya mengatakan lumayan berhasil karena belum sesuai dengan harapan. Nama dan alamat yang tampil tidak rapi. Tidak heran kalau pemakaian mail merge masih belum populer karena mungkin dianggap malah rumit dan makan waktu.

Saya akan coba lagi besok karena fitur ini menarik dan sangat bisa membantu saya ke depan. Selain mail merge, ada fitur lain yang perlu dicoba seperti membuat label dan business card dengan openoffice. Namun yang masih agak rumit adalah mail merge tadi. Seharusnya ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan cepat dan efisien dengan bantuan komputer dan sistem operasinya. Belajar lagi.

SM
Jakarta, 28 Mei 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s