Pengetahuan-Saya

Menampilkan panel dan jendela yang hilang karena compiz


Baru-baru ini saya melakukan kesalahan dengan mengutak-atik opacity di compizconfig setting manager. Saya iseng saja mengetik enter dan tiba-tiba panel dan jendela openoffice menghilang. “Duh, kenapa ini?” saya pikir. Padahal baru install Ubuntu 10.04. Mungkin secara otomatis saya salah memberi nilai opacity sehingga benar-benar transparan semuanya. Saya klik panel di atas, tidak terlihat ada respon.

Lalu saya coba shutdown tapi tidak terlihat tulisan shutdown-nya. Akhirnya saya tekan tombol power agak lama sampai shutdown. Saya coba nyalakan lagi tetap sama hasilnya, saya coba recovery mode juga masih sama. Ya jalan satu-satunya beralih dulu ke MS-Windows. Cari informasi sebentar di Google dan ketemu cara recovery-nya.

Ketika sudah masuk Ubuntu, ketik Alt+F2. Memang jendelanya tidak akan terlihat tapi langsung saja ketikkan metacity –replace lalu enter. Panel dan jendela yang tadi dibuka akan muncul kembali. Cara lain yang saya baca adalah dengan membuka terminal. Memang agak sulit kalau kita tidak tahu atau memberikan shortcut key untuk menampilkan terminal. Tapi kalau kita tahu shortcut untuk terminal, maka munculkan terminal. Memang tidak akan tampil di layar karena opacity secara default adalah 100 persen. Setelah itu ketikkan gconftool-2 –unset “/apps/compiz/plugins/obs/screen0/options/opacity_matches”

Perintahnya lebih panjang. Saya rekomendasikan cara yang pertama karena lebih mudah. Silakan dicoba.
Jakarta, 3 Mei 2010

Leave a Reply

