Pengalaman-Saya

Perjalanan sebuah kesadaran


Dulu saya sempat menganggap kawin sebagai ikatan yang tidak menyenangkan dan tidak penting dibanding hal-hal lain dalam hidup. Saat ini saya masih menganggap kawin bukan sesuatu paling penting tapi dapat menghargai dan menghadapinya. Dalam dua bulan ke depan, saya akan kawin dengan seseorang yang saya anggap orang yang tepat untuk berbagi pengalaman hidup. Berbagi pengalaman hidup bukan berarti berbagi harta dan otonomi diri sehingga saya merasa perlu mengajukan perjanjian kawin atau sebagian mengenalnya perjanjian pra nikah.

Saya berharap perkawinan sebagai ruang baru untuk mengekspresikan hasrat dan impian. Mudah-mudahan dapat membuka lebih banyak kesempatan untuk lebih produktif baik secara reproduktif maupun sosial. Dengan begitu, saya tidak perlu lagi mengategorikan “beban” atau peran sebagai isteri dalam tiga fungsi: produksi, reproduksi, dan sosial. Saya boleh bermimpi dan berharap.

Beberapa hari lalu, saya dan pasangan mengedit draft perjanjian kawin yang disodorkan oleh notaris yang saya kenal dari teman. Proses mengedit draft perjanjian itu kadang membuat kita berhati-hati dan berusaha membaca bahasa tubuh satu sama lain jika ada hal-hal yang dianggap sensitif. Kami berdua sedang belajar mengenai aspek hukum dari “cinta”, rumah tangga, keluarga, kepemilikan harta, dll yang akan menjadi akibat dari pelembagaan “cinta” dan menjadi sebab dari kehidupan kami di masa depan. We are anticipating the uncertainty of the possibilities. We are aware that love and passion are changing by the time.

Saya sangat menghargai pasangan saya yang dapat terbuka membicarakan perjanjian kawin dan konsekuensinya. Saya sadar tidak banyak laki-laki yang dapat menyikapi perkawinan dan perjanjian kawin secara wajar. Saat ini kami masih menunggu masukan dan pendapat dari notaris mengenai hasil edit yang kami lakukan. Mudah-mudahan dapat diselesaikan bulan ini. Amin.

Jakarta, 20 Desember 2009

Leave a Reply

