Perjalanan-Saya

Kedatangan ibu


Senang, bahagia, bersyukur, dan terharu. Mungkin itu bahasa fana yang dapat menggambarkan perasaan saya dan keluarga menyambut kedatangan ibu tersayang kembali di tanah air. Selama 42 hari, ibu meninggalkan kami untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci. Cuaca, karakter manusia, dan aturan yang berbeda dari Indonesia sudah dilalui oleh ibu. Alhamdulillah, ibu kembali dengan selamat dan saya lihat memiliki energi spiritual yang lebih baik.

Tanggal 18 Desember malam, ibu sampai di KBIH di Depok. Kami sekeluarga menjemputnya. Kami sangat kangen dengan ibu, orang paling “rame” di keluarga dan menjadi ikon keluarga Gembong Sungkono di Jalan Damai. Hampir semua warga di Jalan Damai kenal dengan ibu saya. It’s an honor to be her daughter..:-)

Saya belajar rasanya tidak memiliki seseorang yang bisa dipanggil ibu selama 42 hari. Tidak menyenangkan. Sosoknya yang supel, lucu, dan selalu punya bahan untuk diceritakan tidak tergantikan. Dalam perjalanan pulang dari KBIH sampai ke rumah, ibu yang katanya capek dan lelah masih mempunyai energi untuk terus bercerita. Bermacam hal dia ceritakan dan kami sekeluarga dibuatnya tertawa dan gemas. Ibu sering membuat saya gemas.

Koper dan tas jinjingnya penuh dengan oleh-oleh. Rupanya kami punya alasan tepat untuk khawatir karena ibu adalah orang yang tidak bisa diam. Di Saudi Arabia pun, dia tidak bisa diam; sering keluar dan berbelanja sendirian. Bondo nekat. Shopper sejati memang tidak ada matinya.

Di Saudi, dia sempat membeli HP baru yang harganya 2x lebih mahal dari Indonesia. Dia membeli atas desakan bapak yang ingin berkomunikasi karena HP yang dibawa rusak. Seminggu sebelum pulang ke tanah air, HP itu hilang. Seorang perempuan cantik dengan perawakan seperti orang Turki menjadi “tersangka”.

Belum lagi pengalamannya ditaksir oleh laki-laki Saudi. Dia dibilang cantik dan laki-laki itu ingin menjadikannya istri. Wah! Ada-ada saja kasus yang menimpa ibu saya.

Ibu mendorong saya dan adik untuk naik haji saat masih muda. Insya Allah.

Jakarta, 20 Desember 2009

Leave a Reply

