Pengalaman-Saya

Berlatih kesabaran


Ini cerita tentang bola lampu atau sambungan listrik yang bermasalah di rumah. Namun dampaknya pada pelaku utama sangat penting untuk diceritakan di blog ini karena orang itu bapak saya sendiri. Bapak saya adalah orang yang tidak sabaran. Dia ingin mengerjakan segala sesuatu dan ingin dilayani secara cepat.

Sebenarnya memang ada masalah dengan sambungan listrik di ruang makan di rumah kami. Seperti biasa, bapak penasaran dan berusaha memperbaikinya. Belum berhasil. Sudah kedua kali ini dia melapor ke saya. “Coba Ken, sambungan ini ngerjain bapak. Ditungguin 15 menit nggak nyala-nyala, giliran udah mau diganti lampunya…eh nyala. Brengsek!”

Kalau cuma tidak sabar sih nggak masalah tapi kalau akibatnya dia jadi stres dan marah, itu lain cerita. Ketidaksabarannya sering membuatnya marah. Karakternya memang keras. Saya jadi teringat bekerja dengan seseorang yang karakternya mirip dengan bapak saya. Waktu saya bekerja dengannya, saya berpikir: it’s like working with my father. Kalau dia sedang marah, saya membatin: there it goes my dad! Hehehe.

Namun, secara tidak sadar sebagian dari karakter itu menular ke saya, anaknya. Ibu saya mengenali karakter itu. Dia mengakui kalau saya tidak sekeras bapak saya. Saya sendiri semakin sadar dengan adanya penularan itu ketika dekat dengan pacar yang sekarang. Pacar saya itu tidak terlalu banyak omong, kalem, suka memendam perasaan, dan tidak grasah-grusuh. Ya, saya tidak seperti itu. Kalau melakukan sesuatu, pacar suka mengingatkan “sabar dong”.

Saya juga berlatih kesabaran dan sabar bukan berarti menunda pekerjaan atau menerima keadaan apa adanya. Selama sabar dipahami secara positif, saya akan belajar melakukannya. Terutama untuk tidak terlalu berfoya-foya mengumbar kemarahan karena memerlukan energi dan emosi yang besar.

Jakarta, 11 Desember 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s