Pengalaman-Saya

Asyiknya Asus eee 1005HA


Belakangan saya sedang sibuk berasyik masyuk dengan netbook baru. Saya membelinya sehari setelah menjual Acer Travelmate 2480 yang tangguh dan banyak menyimpan kenangan. Salut dengan Acer saya yang bisa dibilang awet dan nggak terlalu rewel kalau dipasang Ubuntu atau turunannya. Pemilik barunya sudah berniat untuk memasang windows di dalamnya. Saya pasrah.

Acer 2480 itu saya beli kosongan, tanpa OS di Mangga Dua Mal sekitar Desember 2006. Jadi pas 3 tahun saya memakai notebook itu. Dulu saya membelinya dengan berhutang 2 juta ke ibu. Lalu melunasinya 2 bulan kemudian. Jadi nostalgia ‘kan?

Netbook 1005HA ini saya beli dengan menambah 500 ribu dari hasil penjualan Acer 2480. Spesifikasinya bisa dicari di internet. Ada 2 tipe untuk model Asus eee 1005HA, saya membeli yang spek rendah: RAM 1 GB, HDD 160 GB, dan baterai yang maksimal tahan 8,5 jam (pada kondisi tertentu sesuai penjelasan di website Asus).

Sistem operasi bawaan adalah Windows XP SP3 dan semua alat berjalan dengan baik. Kemudian saya dibantu pacar melakukan partisi dan memasang eeebuntu NBR (Netbook Remix) versi 3.0 di dalamnya. Manisss banget tampilan menu dan yang penting aplikasi yang terpasang secara default sangat memadai. Bluetooth dan web camera masih belum dikenali. Seharusnya nggak ada masalah dan belakangan dibantu pacar sedang sibuk ngoprek bios asus.

Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan Asus tapi melihat sebelumnya Acer bisa lancar jaya kalau dipasang ubuntu, saya jadi mikir mungkin masalah yang dihadapi sekarang tidak terjadi di Acer netbook. Berpikir negatif sajalah.

Jakarta, 7 Desember 2009

Leave a Reply

