Pengalaman-Saya

Hidup dalam username and password


Di sore yang rintik-rintik ini, saya terpikir untuk menghitung berapa alamat email yang saya miliki. Alamat email pertama saya buat di Lycos dan sudah hangus. Tidak lama kemudian saya membuat email di Yahoo yang masih aktif sampai sekarang. Kalau tidak salah saya membuat email itu tahun 1997.

Kemudian saya sempat membuat hotmail lalu tidak dipakai. Email saya yang masih aktif sekarang, selain Yahoo, adalah di Gmail, Live, Ovi. Saya juga punya satu akun email lagi di Yahoo untuk menampung beberapa milis. Saya sempat iseng membuat akun email di AOL tapi akhirnya tidak dipakai.

Saya mengingat-ingat alamat email ini karena hampir setiap hari harus membuka email atau situs lain yang mewajibkan saya memasukkan username dan password. Berhubung kapasitas ingatan yang terbatas, biasanya username dan password itu saya buat sama. Saya membuat beberapa variasi dan kombinasi.

Belakangan ini makin terasa kalau saya hidup dalam username dan password. Waktu pertama kali membuat akun Yahoo, kayaknya merasa senang dan gembira ria mengingat username dan password. Dulu tidak menyangka kalau sekarang untuk masuk ke situs komunitas, langganan newsletter, upload berita, download tulisan, dll harus menggunakan username dan password. Everybody is craving and crazy about security.

Tadinya saya pikir punya akun email banyak akan merepotkan tapi sejalan dengan makin banyaknya informasi yang perlu saya dapatkan, saya mengaturnya dengan cara membuat beberapa email untuk beberapa jenis informasi.

Hopefully, the era of username and password will fade away to be replaced by something else. Wishing on the stars…

Jakarta, 21 November 2009
SM

Leave a Reply

