Pengalaman-Saya

Lika-liku orang sakit


Berhubung saya sedang membantu ibu mengurus bapak yang sedang sakit, saya jadi lebih menghargai tubuh saya yang terlihat sehat ini. Saya juga melihat perilaku orang sakit yang selalu mencari cara pengobatan apapun untuk dicoba. Salah satu yang populer adalah pengobatan alternatif alias non-medis. Saya lihat kecenderungan orang sakit mencoba pengobatan alternatif karena lazimnya biaya disesuaikan dengan kemampuan pasien alias seikhlasnya, memastikan penyakitnya bukan karena diguna-guna, masih kuat keyakinan bahwa “kekuasaan gaib” lebih mampu menyembuhkan seseorang, tidak memiliki jaminan/asuransi kesehatan, malas mengikuti prosedur rumah sakit, dan saya lihat ada kecenderungan untuk sehat secara instan.

Bapak saya adalah salah satu orang yang kalau sakit ingin cepat sembuh. Jadi kalau ke dokter, dia akan minta resep paten yang harga obatnya sangat mahal dan biasanya dengan dosis tinggi. Dari dulu, ibu saya sudah khawatir karena dengan kebiasaan itu dia takut toleransi sakit bapak menjadi minim dan cenderung ingin cara sehat ala sulap alias simsalabim telan obat langsung sembuh. Padahal cara seperti itu justru menekan fungsi organ tubuh terutama ginjal.

Pengobatan alternatif banyak dia coba; segala macam yang dia dengar langsung dia coba. Alternatif pun ada banyak jenisnya mulai dari yang jamu-jamuan, yang pakai keris, pakai mantra ajaib, urut tradisional, refleksiologi, air pakai kemenyan dan telor ayam kampung, dll. Saya yang melihat dibuat capek. Semua demi kesembuhan yang instan. Pantangan makan kadang dituruti, kadang dilanggar. Pinginnya makan enak, segala macam masuk ke perut dan sehat tanpa olahraga. Yah!

Penyakit bapak saya sekarang rombongan alias kompleks; diabetes, batu ginjal, darah tinggi, dan dada sesak. Selama menjadi polisi, bapak jarang berolahraga, banyak makan enak, banyak kerja di jalan yang berpolusi, pola tidur yang tidak teratur, dan akibat dari pola hidup yang tidak sehat itu muncul pada saat sekarang. Saya jadi makin sadar dengan seluruh pola konsumsi makanan, pola tidur, pola kerja, dll karena semuanya saling berhubungan.

Saya juga jadi sering browsing di internet mengenai pencegahan dan pengobatan penyakit ginjal untuk bapak dan diet seimbang yang sesuai dengan kegiatan saya. Saya mencoba merawat kesehatan untuk diri saya sendiri dan lingkungan sekitar karena kalau saya sakit akan berpengaruh ke orang-orang terdekat dan kemungkinan mengganggu pekerjaan mereka. Be conscious and have healthy life; it is fun.

Pandaan, 13 Agustus 2009

Leave a Reply

