Pengalaman-Saya

Upgrade Pidgin untuk Linux Mint 7


Beberapa kali saya mencoba meng-upgrade Pidgin tetapi gagal. Saya menggunakan Linux Mint 7, turunan dari Ubuntu 9.04. Default di Linux Mint 7 adalah Pidgin 2.5.5. Tadinya saya coba cara upgrade yang diberikan di http://pidgin.im/ubuntu tapi tetap tidak berhasil. Kemudian saya coba cari rujukan ke Forum LM 7 di http://forums.linuxmint.com. Akhirnya dapat solusi di sana. Tutorialnya mudah dipahami, di sini saya coba memberikan informasi bagi sesama pengguna LM 7.

Untuk sistem berbasis Ubuntu upgrade dilakukan melalui package manager. Namun, untuk pengguna Mint, kode upgrade Ubuntu tidak dapat dipakai. Cara mudah untuk meng-upgrade pidgin di Mint yaitu menggunakan package manager (apa ya bahasa Indonesianya?).

Jadi menurut lee8oi, pengguna Mint perlu menambahkan sebuah repository dan untuk itu diperlukan “kunci”. Jadi buka terminal dan salin kode berikut (shift+insert; atau shift+ctrl+v adalah shortcut untuk menyalin ke terminal. Atau bisa dengan klik kanan dan pilih “paste”):
sudo apt-key adv –recv-keys –keyserver keyserver.ubuntu.com 67265eb522bdd6b1c69e66ed7fb8bee0a1f196a8

Setelah kunci tadi kita install selanjutnya menambahkan repository. Pengguna Linux Mint harus menggunakan kode yang sesuai dengan versi yang diinstallnya. Salin kode berikut ke terminal.

Linux Mint 6 repository:
echo deb http://ppa.launchpad.net/pidgin-developers/ppa/ubuntu intrepid main | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/pidgin-ppa.list

Linux Mint 7 repository:
echo deb http://ppa.launchpad.net/pidgin-developers/ppa/ubuntu jaunty main | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/pidgin-ppa.list

Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu,Edubuntu…..(all releases):
echo deb http://ppa.launchpad.net/pidgin-developers/ppa/ubuntu `lsb_release –short –codename` main | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/pidgin-ppa.list

Nah, setelah selesai dengan repository, package manager harus di-update. Caranya dengan mengetik perintah ini ke terminal.
sudo apt-get update

Sekarang saatnya untuk melakukan upgrade. Biasanya dapat dilakukan dengan mengetik perintah “sudo apt-get upgrade”. Namun, paket lainnya akan di-update juga dan bisa jadi perlu waktu yang lama dan volume yang besar (seperti saya yang berlangganan telkomflash berbasis volume). Belum tentu semua paket ingin di-update. Jadi lee8oi membuat perintah kecil agar secara otomatis hanya pidgin yang lama diganti dengan versi terbaru. Salin perintah ini dalam terminal.
sudo apt-get –yes purge pidgin ; sudo apt-get –yes install pidgin

Setelah langkah itu selesai, maka pidgin telah selesai di-upgrade. Silakan buka pidgin dan klik Help dan pilih About untuk melihat versi pidgin. Saat ini saya menggunakan Pidgin 2.5.8.

Saat membuka pidgin dengan versi baru, klik “Accounts” lalu pilih “Manage Accounts”. Hapus akun yahoo yang sudah dibuat sebelumnya dan buatlah kembali. Pidgin sudah berfungsi secara normal.

Medan, 8 Juli 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s