Pengalaman-Saya

Mint 7 – Gloria


Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan CD Live LinuxMint dari seorang teman saya di Medan. Saya pasang di mesin Acer berdampingan dengan Hardy (Ubuntu 8.04). Sebelumnya saya melakukan memformat partisi yang terbesar dan melakukan merger dengan ruang lain yang tersisa dengan berjenis (file system) swap. Untuk ruang primary yang 3 GB saya format tetapi rupanya tidak bisa dimerger. Senangnya! Karena setelah install saya dapat mencicipi indahnya LinuxMint 7 yang diberi nama Gloria ini.

Berhubung saya punya masalah dengan dual system, ditambah ada masalah lain di firefox serta thunderbird yang setelah diinstall Mint Gloria suka diam di tempat alias hang, maka besoknya saya tuntaskan hardy. Saya install penuh Mint Gloria di mesin Acer 2480 yang batrenya sudah drop ini.

Jreng! Jadilah Mint Gloria ini berjaya…yey…yey…
Sebelumnya, saya sudah repot-repot mendownload wvdial yang tidak otomatis masuk dalam paket Mint. Saya memerlukannya karena di Hardy saya memakai program itu untuk koneksi internet. Rupanya di Mint Gloria, turunan dari Ubuntu 9.04, sudah ada aplikasi yang keren punya. Saya tinggal tancap kabel data Nokia dan Gloria langsung mengenalinya. Pemakai akan diminta untuk memilih nama koneksi itu dan nama provider (misal dalam kasus saya telkomsel). Sudah, selesai. Itu saja.

Selanjutnya, untuk terkoneksi, tinggal klik network connection dan pilih telkomsel. Sudah, selesai. Itu saja. Hahaha…lebay! Tapi memang Mint keren dan teruji kok. Penantian gua selesai sudah. Alat multimedia nggak ada masalah, nggak perlu install codec-codec lagi. Bagus nih untuk end-user; friendly dan fresh. Saya dengar BlankON terbaru dengan nama Nanggar pun punya kualitas yang sama. For the moment, Mint Gloria sudah memuaskan.

Sekarang sih lagi binggung, apakah mau pasang AWN atau menu gnome biasa. Sejauh ini, menu yang ada sudah memadai. Ya, mau apalagi coba? Nikmati dan pelajari aja dulu, setelah itu kita lihat perkembangan lain.

Medan, 5 Juli 2009
Uploaded by Drivel

Leave a Reply

