Pengalaman-Saya

Titi Gantung, Penggalan Melayu di Medan


Saya mengenal nama Titi Gantung sekitar empat tahun yang lalu. Selama tinggal di Medan saya sudah berkunjung 3 kali ke tempat itu. Kalau ke Lapangan Merdekanya sih lebih sering. Lokasi kedua tempat itu bersebelahan. Titi Gantung adalah tempat berjualan buku-buku bekas dan buku baru dengan harga yang lebih murah daripada di toko buku. Pertama kali ke sana, membuncah harapan akan menemukan tempat seperti Senen atau Kwitang di Jakarta. Ternyata berbeda. Titi Gantung tidak terlalu luas dan koleksinya pun tidak sebanyak dan seunik Senen.

Sebenarnya selain di Senen, ada juga beberapa kios di Jatinegara yang menjual buku dan alat tulis bagus dengan harga murah. Saya mengetahuinya dari seorang dosen. Di Medan, selain Titi Gantung dan toko buku Gramedia, ada toko buku Sembilan Wali di Jl. Iskandar Muda dan saya pernah mengunjunginya. Koleksinya terbatas pada buku dan aksesoris Islam. Toko buku lain adalah Karsa Murni yang ada di belakang Medan Plaza. Toko buku itu baru selesai renovasi dan saya belum sempat berkunjung pasca renovasi.

Nama Titi Gantung sendiri bagi saya tadinya unik. Jika orang tidak mengetahui sejarah Medan dan kerajaan Deli mungkin akan bertanya-tanya dengan begitu banyak nama dan aksen Melayu di jalan dan di bangunan tua. Segala macam titi ada di Medan. Titi sendiri berarti titian atau jembatan. Perkenalan pertama saya dengan warna Melayu di Medan yang semakin tergusur.

Sayang sekali, selama di Medan, saya belum pernah menghadiri acara Melayu Fair atau sejenisnya. Saya ingat pernah ada acara seperti itu tapi saya nggak bisa datang. Apalagi saya lebih banyak dikelilingi oleh etnis Batak, Jawa, dan sebagian kecil etnis dari Aceh. Saya yakin, etnis Melayu punya sesuatu yang berbeda. Bosen lah sudah sampai di Sumatera sini, masih saja ketemu sama orang Jawa. Bahkan sampai Bukit Lawang pun sudah banyak orang Jawa. Macam mana!

Medan, 16 Januari 2009

Leave a Reply

