Perjalanan-Saya

Meng-Opori Tubuh


Judul yang saya pilih mungkin sudah jelas. Agenda saya ke Jakarta, selain untuk berbagai alasan menyangkut masa depan juga berkaitan dengan berat badan. Sebelum pindah ke Yogyakarta, berat badan saya antara 51-52 Kg. Sebagian besar terkumpul di sekitar pantat dan paha. Menakutkan. 

Selama hampir 10 bulan di Yogyakarta, berat badan saya menjadi ideal yaitu 45 Kg. Bagus sih, saya menjadi lebih ringan. Tetapi, saya merasa ada sesuatu dari turunnya berat badan yang merupakan indikasi dari sesuatu yang lebih besar. Selama sebulan saya memang pernah ikut Body Language. Kemudian selama hampir dua bulan terakhir, pada akhir minggu saya suka berkeliling “pekarangan” kos menggunakan sepeda. Dua kali ke kantor menggunakan sepeda, biasanya pada malam hari. Kemudian pernah bersepeda dari kos sampai alun-alun kidul pada pagi hari. Hanya, saya merasa bukan olahraga yang membuat berat badan saya turun. 

Mungkin makanan karena saya lebih irit dan memang di Yogyakarta beberapa jenis makanan begitu murahnya, apalagi kalau masak sendiri. Tapi apakah hanya itu?

Hari raya ini, saya sudah tahu, ketupat dan opor akan memadati ruang usus saya. Setiap hari selama di Jakarta, menu saya ketupat dan opor. Saya sedang meng-opori tubuh. Saya bisa jamin berat badan akan naik. Lima hari di Jakarta berhasil meningkatkan timbangan 1,5 Kg. Horeeee! Momennya tepat. Tapi saya pun tahu kalau saya balik ke Yogyakarta, berat itu akan kembali normal. Saya hanya berdoa semoga tidak turun lebih drastis. Saya sudah jarang merokok. Saya pernah membaca kalau merokok dapat menurunkan nafsu makan. Gawat! Bahaya! Saya suka makan kok. Bersepeda justru dapat meningkatkan nafsu makan saya. Jodoh!

Baiklah.

Kalisari, 14 Oktober 2007

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s